Cari Bacaan Awal Tahun? Ini 5 Rekomendasi Buku 2023 ala Zahid Azmi Ibrahim

Cari Bacaan Awal Tahun? Ini 5 Rekomendasi Buku 2023 ala Zahid Azmi Ibrahim
info gambar utama

Kawan sudah punya rekomendasi buku 2023? Youtuber Zahid Azmi Ibrahim atau lebih dikenal Zahid Ibrahim membagikan daftar bacaan yang cocok untuk memulai tahun, nih.

Tahun baru, ilmu baru. Alangkah senangnya kalau awal tahun 2023 ini Kawan isi dengan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas diri. Salah satu caranya dengan membaca buku.

Mungkin Kawan masih bingung dengan buku yang harus dibaca di awal tahun ini. Tentunya, buku itu harus membuat Kawan tergerak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, Zahid Ibrahim membagikan daftar buku sebagai inspirasi yang bisa Kawan baca. GNFI sudah merangkum beberapa di antaranya. Penasaran apa saja? Langsung saja simak rekomendasi buku 2023 berikut ini.

Zahid Azmi Ibrahim | Foto: youtube.com/@zahidibr
info gambar

1. Think Big: Take Small Steps and Build the Future You Want

Kira-kira, Kawan sudah melakukan apa untuk karir dan masa depan? Buku karya Grace Lordan ini memberikan kita tips untuk memiliki pemikiran dan tujuan yang lebih besar. Melakukan hal-hal kecil tetapi berguna dari sekarang akan berdampak baik untuk masa depan Kawan, lho.

Zahid menyebut buku ini bermanfaat untuk membangun karir dan masa depan yang kita inginkan. Worth reading!

Baca juga: Intip Pola Baca Buku Ala Bill Gates

2. The Dip

Rekomendasi buku 2023 berikutnya adalah buku karya Seth Godin yang mengajarkan kita kondisi di mana harus bertahan dan berhenti dalam situasi meraih keberhasilan.

Buku The Dip menyuruh kita berhenti bila apa yang dilakukan tidak tepat. Bukan berhenti berusaha, tetapi berhenti melakukan hal yang tidak membuat kita menjadi terbaik. Intinya, fokus pada satu tujuan agar sumber daya kita yang terbatas bisa dialokasikan pada hal lain.

3. The Psychology of Money

Siapa, sih, yang tidak ingin punya banyak uang dan harta? Namun, sering kali uang dan harta menggelapkan mata, ya.

Nah, buku The Psychology of Money karya Morgan Housel mengajarkan hubungan emosional yang baik dengan uang. Buku ini dikemas dalam 19 cerita pendek tentang cara orang mengelola keuangan. Buku ini termasuk deretan paling laris di Amerika Serikat versi Amazon dan telah diterjemahkan ke dalam 26 bahasa.

Baca Juga: Terapkan Tips Mudah Membaca Buku Bahasa Inggris

4. Factfulnes: Ten Reasons We're Wrong About The World-And Why Things Are Better Than You Think

Zahid menyebut buku ini mampu membuatnya lebih optimis dan menepis sudut pandang negatifnya tentang dunia. Factfulnes karya Hans Rosling memang ajaib, bahkan pendiri Microsoft Bill Gates pun menyuruh orang untuk membacanya.

Buku ini membahas tentang insting manusia yang keliru tentang dunia. Melalui cerita yang dikemas secara apik, Hans Rosling mengajarkan kita untuk lebih memahami dunia secara adil lewat pengalamannya berkeliling sebagai dokter di negara berkembang.

5. The Elephant in the Brain

Berikutnya, rekomendasi buku 2023 yang bisa Kawan baca adalah buku The Elephant in the Brain oleh Kevin Simler dan Robin Hanson. Buku ini memberitahukan kita ada motif buruk yang disembunyikan manusia.

Misalnya, Kawan ingin naik jabatan di perusahaan. Tentu Kawan tidak bisa terang-tengan meminta hal itu. Jadi, Kawan memilih untuk mengirimkan sinyal dengan menggunakan bahasa tingkat tinggi dalam berdiskusi dengan bos.

Sementara itu, ada rekan berpengalaman yang sebenarnya lebih pantas mendapatkan jabatan itu. Kawan seolah-olah tidak sadar kalau ada perasaan egois di balik sikap tersebut.

Hal ini disebut dengan the elephant in the brain, motif buruk dari dalam diri yang tidak diakui keberadaannya. Buku ini secara lengkap menjelaskan sikap tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: NexPage, Aplikasi Rangkuman Isi Buku yang Kini Hadir di Indonesia

Itulah beberapa rekomendasi buku 2023 ala Zahid Azmi Ibrahim. Semoga bisa menjadi inspirasi bacaan awal tahun, ya. Tetap semangat menebar kebaikan, Kawan GNFI!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini