Indonesia Siap Salip India dan Brazil

Indonesia Siap Salip India dan Brazil
info gambar utama

Jakarta- Pemerintah mentargetkan nilai ekspor indonesia bisa menyentuh angka 200 miliar dollar AS pada akhir tahun yang akan membuat Indonesia bisa mengejar India dan Brazil. Kedua negara itu bisa menggandakan ekspornya hanya dalam kurun waktu lima tahun. Indonesia diprediksi akan menjadi negara berikutnya, seperti halnya yang diungkapkan oleh Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementrian Pedagangan (Kemdag) Deddy Saleh.

Jika target 200 miliar dollar AS bisa tercapai akhir tahun ini, maka indonesia akan mengalahkan Jepang dan Singapura yang membutuhkan waktu lebih lama dalam menggandakan ekspor. Selain itu, optimisme pun diutarakan oleh Menteri Perdagangan, Marie Elka Pangestu. Sebab, ekspor Indonesia tumbuh rata-rata 30 persen per tahun. "Kalau tumbuh di atas 30 persen maka ekspor tahun ini bisa tembus lebih dari 200 miliar dollar AS," ungkapnya.

Ekspor Indonesia selama paruh  I/2011 mencapai  98,6 miliar dollar AS, dengan 79,1 miliar dollar AS di antaranya merupakan sumbangan sektor non migas. Adapun target ekspor 200 miliar dollar AS lebih tinggi dari target awal pemerintah yang sebesar 168 miliar dollar AS . Track record ekspor paruh kedua biasanya lebih tinggi ketimbang semester pertama.

News Source: kompas

Re-writen and Posted on Good News From Indonesia by Muhammad Q Rusydan

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini