Mahasiswa Indonesia Raih Best Diplomacy Award di Harvard World Model United Nations 2015

Mahasiswa Indonesia Raih Best Diplomacy Award di Harvard World Model United Nations 2015

Mahasiswa Indonesia Raih Best Diplomacy Award di Harvard World Model United Nations 2015

Indonesia sekali lagi boleh berbangga dengan prestasi pemudanya di level internasional. Dua delegasi Universitas Indonesia, Amanda Soeyasa Besar dan Zain Zahran Azzaino, berhasil dianugrahkan Best Diplomacy Award dalam kompetisi Harvard World Model United Nations (WorldMUN) yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 16-20 Maret 2015 lalu. Model United Nations  (MUN) merupakan simulasi konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di mana delegasinya dituntut untuk merepresentasikan suatu negara dan memperjuangkan kepentingannya dalam negosiasi. WorldMUN sendiri adalah MUN terbesar di dunia yang setiap tahunnya diadakan di negara tuan rumah dan diikuti oleh 2400 mahasiswa dan 113 negara.
Delegasi UI di Harvard World Model United Nations 2015 Delegasi UI di Harvard World Model United Nations 2015

Zain merupakan mahasiswa Teknik Sipil UI angkatan 2013. Pengalamannya di ajang MUN cukup banyak, termasuk menjadi bagian dari Board of Directors untuk Indonesia Model United Nations (IMUN) 2014 yang diselengarakan oleh UI dan Jakarta Model United Nations (JMUN) 2014 yang diselengarakan oleh Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS). Mahasiswa yang suka Tae Kwon Do dan American Football ini, mengakui sangat senang bisa meraih penghargaan di WorldMUN, termasuk pengalaman berteman dengan banyak orang dari negara lain. "WorldMUN sendiri menekankan aspek kerjasama dalam negosiasi. Tentu saja, meraih penghargaan ini adalah bukti dari kerja keras yang telah kami lakukan untuk mempersiapkan kompetisi ini."
Zain Zahran Azzaino Zain Zahran Azzaino

Bersama Zain, Amanda yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum UI angkatan 2013 ini,  merepresentasikan negara Itali di Committee for Development Policy yang membahas tentang pengentasan kemiskinan. "Topik komitenya sangat beresonansi dengan kenyataan di Indonesia sehingga hal ini saya lukiskan juga dalam solusi yang diusulkan dalam debat.  Di luar sesi, banyak orang yang dapat diajak berdiskusi tentang fenomena kemiskinan di negara mereka, dan kita mendapat perspektif baru tentang negara kita sendiri karena dapat membandingkan dengan orang yang tinggal di negara lain."
Amanda Soeyasa Besar Amanda Soeyasa Besar

Selain Zain dan Amanda, UI mengirimkan 5 delegasi dan 1 pelatih ke ajang WorldMUN ini. Mereka adalah Mayang Krisnawardhani (FISIP 2013), Eva Maria Putri Salsabila (FH 2014), Ali Wahyu Imanullah (FISIP 2012), Malikah Ambarani (FISIP 2013), Rahmad Sanjani Rahmadhani (FH 2011), dan Mohammad Arief Widagdo (Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2012). Mereka berkompetisi di berbagai komite PBB dengan tema besar post-2015 Millennium Development Goals. Proses persiapan delegasi dilakukan sejak berbulan-bulan sebelum keberangkatan. Pelatihan dilakukan dengan alokasi 4-5 jam per minggu, beberapa simulasi internal, dan camp pelatihan intensif. Prestasi ini merupakan kabar gembira sejak pertama kali Indah Gilang Pusparani dan Dyah Ayunico Ramadhani meraih penghargaan Best Diplomacy Award di Harvard World Model United Nations di Singapura pada tahun 2011. Mereka berharap agar pemuda Indonesia semakin hebat, berkualitas, dan tidak takut terintimidasi dalam kompetisi di luar negeri. Pemuda Indonesia harus tidak cepat puas dan selalu menantang diri!

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih14%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi14%
Pilih TerpukauTerpukau57%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

7 Sungai Terpanjang di Indonesia Sebelummnya

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon Selanjutnya

7 Gunung yang Menjadi Bagian dari 7 Keunikkan Kota Tomohon

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of Indonesia in 2014, with two exchange programs in Political Science at National University of Singapore and New Media in Journalism at Ball State University, USA. She was awarded Diplomacy Award at Harvard World Model United Nations and named as Indonesian Gifted Researcher by Australian National University. She is an Editor at Bening Communication, previously worked at the Commonwealth Parliament Association UK and a diplomacy consulting firm Best Delegate LLC in USA.

1 Komentar

  • Halo. Ada sedikit koreksi dan tambahan mengenai Awardee Diplomacy Award di Harvard World Model United Nations. Tahun 2014, salah satu mahasiswa Unpaid juga meraih penghargaan Diplomacy Award di Harvard World Model United Nations di Brussels, Belgia (http://www.unpad.ac.id/2015/05/lulus-s-1-dalam-35-tahun-dengan-ipk-397-windy-angela-jadi-wisudawan-terbaik-program-sarjana-unpad/)

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.