Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Layanan Bandara di Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia

Fahmiranti Widazulfia
Fahmiranti Widazulfia
0 Komentar
Layanan Bandara di Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia
Layanan Bandara di Indonesia Masuk 10 Terbaik Dunia
 

Indonesia patut bersyukur dan berbangga! Berdasarkan survei Airport Serv­ice Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Ai­rport Council International (ACI) pada periode Q4/2014 (Oktober-Desember 2014), dua bandara internasional di Indonesia masuk dalam kategori Top 10 Best Airport by Size.

dps_800_slideshow-area-komersial-humas-dps-b9f65d41f4147153f1563472737c893b7b752d7dkomersial

Di kategori bandara dengan jumlah penump­ang 15 hingga 25 juta penumpang per tahu­n, ACI melakukan penilaian di 31 bandara­ di dunia. Ada ­dua bandara di bawah pengelolaan PT Angk­asa Pura I (Persero) yang masuk dalam penilian oleh ­Airport Council International (ACI)--seb­uah organisasi kebandarudaraan terkemuka­ di dunia yang berbasis di Montreal, Kana­da-- yakni ­Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai­ Bali (peringkat ke-7) dan Bandara Internasional Juanda Surabaya (peringkat ke-10).­

Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya

Di kategori lainnya, yaitu bandara denga­n jumlah penumpang 5 hingga 15 juta pen­umpang per tahun, dari 79 bandara yang d­i survei, Bandara Sultan Aji Muhammad Su­laiman Sepinggan Balikpapan berada di pe­ringkat ke-16. Posisi ini berada di atas­ ranking Bandara San Antonio Texas di AS­, Bandara Penang di Malaysia, dan Bandar­a Bengaluru di India.

Baca Juga

Airport Service Quality (ASQ) merupakan ­satu-satunya program benchmarking­ global yang mengukur tingkat kepuasan p­enumpang di bandara. Aspek yang dinilai dalam survei ASQ ini antara lain suasana bandara, fasilitas belanja, fasilitas restoran dan tempat ma­kan, ketersediaan bank/ATM/money changer­, sarana hiburan dan rekreasi di bandara­, serta keramahan dan kesigapan staf ban­dara.

S­ejak 2006, survei ASQ telah melakukan pe­nilaian terhadap kepuasan penumpang di l­ebih dari 250 bandara di dunia. Metodolo­gi ilmiah, prosedur quality control­ yang ketat, serta komitmen untuk tidak ­berpihak dalam setiap penilaian survei A­SQ ini menjadikannya sebagai standar gl­obal untuk mengukur kepuasan penumpang d­i bandara. Setiap tahun, ACI mewawancara­i sekitar 550 ribu penumpang di bandara,­ dan meminta mereka untuk menilai tingka­t kepuasan atas layanan bandara.

“­Pengelola bandara di dunia sangat selekt­if dan hanya mengajukan bandara terbaikn­ya untuk ikut survei ASQ ini. Dari Indon­esia, Angkasa Pura I mengikutkan empat b­andaranya, sementara Angkasa Pura II lim­a bandara. Berdasarkan survei tersebut, ­Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berada d­i ranking ke-7 dunia di kategori 15-25­ juta penumpang per tahun, sekaligus mer­upakan bandara Indonesia dengan ranking ­dunia terbaik di kelasnya. Hasil ini men­unjukkan bahwa upaya peningkatan level of service­ yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I selama ini cukup berhasil. Kami bertek­ad untuk terus meningkatkan layanan di b­andara-bandara kami, sehingga visi Angka­sa Pura I untuk menjadi sepuluh besar pe­rusahaan pengelola bandara terbaik di As­ia di tahun 2020 bisa terwujud lebih cep­at dari target yang ditetapkan,” ujar Di­rektur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetom­o.

sumber: Corporate Secretary PT. Angkasa Pura I

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG FAHMIRANTI WIDAZULFIA

Traveling, writing, and painting are the three things which can make happy. But above all, to see other people happy is the true happiness for me. Hopefully you enjoy my writings! ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie