Kisah Lagu RAN yang Mendunia

Kisah Lagu RAN yang Mendunia
info gambar utama

RAN, Grup musik yang beranggotakan tiga personel ini memang merupakan salah satu grup musik papan atas Indonesia yang populer. lagu-lagunya yang easy listening telah menghipnotis banyak orang. tidak hanya orang Indonesia, orang asing pun banyak yang ternyata menikmati lagu mereka. salah satunya adalah boyband asal Korea Selatan yang tenar di seluruh dunia, 2PM.

Boyband yang beranggotakan Taecyeon, Nichkhun, Chansung, Wooyoung, Junho dan Jun.K ini baru saja menggelar konser mereka di Jakarta pada 28 Maret 2015 kemarin. saat tampil, mereka mengejutkan para Hottest (sebutan untuk fans 2PM) Indonesia yang hadir di perhelatan 2PM World Tour Go Crazy yang diselenggarakan di GBK maret lalu. Kejutan tersebut adalah ketika para anggota boyband terkenal ini dengan tiba-tiba menyanyikan lagu RAN, Dekat di Hati dengan lafal bahasa Indonesia yang sangat fasih. sontak para HOTTEST bersorak ramai dan bersama-sama menyanyikan lagu ini, seperti yang dapat disaksikan di video berikut.

2PM membawakan total 15 lagu pada konser mereka di Jakarta Maret lalu. selain lagu RAN yang dibawakan dua kali oleh mereka, mereka juga menyanyikan lagu 'Sayang Semuanya' ciptaan Pak Kasur.

Sebelum 2PM membawakan lagu RAN di konser mereka, bulan Januari lalu sepasang kakak adik dari Korea Selatan juga membawakan lagu yang sama di laman Youtube mereka. Lee Ye Chan sang gitaris mengiringi adik perempuannya, Ye-eun Lee yang juga dengan fasih membawakan lagu Dekat di Hati. tidak hanya itu, Ye-eun bahkan menyanyikan lagu ini dalam bahasa Korea, yang menjadi semakin menarik untuk didengarkan.

selain meng-cover lagu RAN, kakak adik ini juga pernah mengcover lagu Raissa. Ye-eun dengan suaranya yang indah (dan lafal bahasa Indonesia yang baik) dan Ye chan dengan petikan gitar yang baik sangat sukses membawakan ulang lagu-lagu berbahasa Indonesia ini.

Sementara itu, akhir 2014 lalu gitaris terkenal asal Korea Selatan Sungha Jung juga membawakan lagu yang sama di konsernya di Aston Denpasar Hotel, Bali. sepertinya memang lagu RAN 'Dekat di Hati' ini telah memukau warga Korea Selatan ya.

Selain ramai dibawakan oleh orang Korea Selatan, lagu RAN juga pernah dinyanyikan oleh banyak orang dari berbagai negara. alkisah Merah Putih Club dari Limkokwing University , sebuah organisasi yang diikuti oleh beberapa mahasiswa Indonesia di Malaysia, mengundang RAN ke Malaysia, dan sebelum RAN datang mereka mengadakan tantangan untuk meminta belasan mahasiswa asing dari berbagai negara seperti China, Nigeria, Oman, Malaysia, Singapura untuk menyanyikan lagu RAN.

tiga lagu RAN yang dibawakan oleh berbagai mahasiswa ini adalah Dekat di Hati, Kulakukan Semua Untukmu dan Pandangan Pertama. Tantangan ini sukses karena mahasiswa-mahasiswa asing tersebut dapat menyanyikan lagu RAN dengan baik. mereka tampak menikmati lagu - lagu RAN yang memang enak didengar itu.

Lagu-lagu RAN yang telah dibawakan oleh orang-orang asing adalah salah satu bukti bahwa lagu asal Indonesia mendapat apresiasi yang baik di luar negeri. jadi, lagu siapa lagikah yang telah mendunia?

ditulis oleh Farah Fitriani untuk Good News From Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini