Populasi pengguna Internet Indonesia hampir mencapai angka 90 juta

Populasi pengguna Internet Indonesia hampir mencapai angka 90 juta
info gambar utama

Penggunaan Internet di negara-negara yang berkembang dipandang sebagai teknologi yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan sebagaimana hasil laporan Pew Research Center bulan Maret lalu, tidak terkecuali di Indonesia. Hampir 70 % responden Indonesia mengatakan bahwa akses internet memberikan pengaruh yang positif terhadap pendidikan.

Kabar baiknya adalah, sampai saat ini pengguna internet di Indonesia menurut riset Pew Research Center sudah mencapai angka 60 juta pengguna. Data ini berbeda dengan yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan PusKakom UI pada tahun 2014 yang lalu yang menyatakan pengguna Internet di Indonesia sudah mencapai 88,1 juta pengguna. Artinya pengguna internet di Indonesia sudah melampaui sepertiga penduduk total Indonesia yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) berjumlah 252 juta jiwa.

“Pertumbuhan ini menggembirakan, namun seharusnya bisa lebih besar,” kata Ketua APJII Samuel Pangerapan. Peluang untuk dapat memberdayakan teknologi Internet sebagai sarana pendidikan masih terbuka lebar. Sebab menurut data Pew Research Center, penggunaan Internet di Indonesia masih didominasi untuk bermedia sosial yakni sebanyak 86% responden berbanding dengan penggunaan untuk belajar online yang hanya 3%. Artinya bila menggunakan data yang ada, baru sekitar 3 juta pengguna menurut data APJII atau sebanyak 2 juta pengguna menurut Pew Research Center, yang menggunakan Internet untuk pengembangan karir dan pendidikan di Indonesia.

Pemerataan infrastruktur internet sepertinya harus menjadi perhatian khusus karena kebanyakan penguna internet adalah mereka yang tinggal di wilayah kota-kota besar di Indonesia. Menurut penelitian APJII dan PusKaKom, berdasarkan letak domisili, 78,5% dari total seluruh pengguna internet di Indonesia tinggal di wilayah Indonesia bagian Barat. Angka Ini bisa menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan populasi Internet di wilayah yang masih minim infrastruktur teknologi Internet.

Data menarik lainnya adalah usia pengguna internet di Indonesia berusia antara 18-25 tahun, dengan jumlah sebesar setengah dari total jumlah pengguna internet di Indonesia (49%). Artinya, dapat dikatakan bahwa segmen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang termasuk ke dalam kategori generasi millenial. Generasi milenial adalah generasi yang lahir di era 1980an, ketika teknologi komputer dan internet mulai dipergunakan.

Menyambut MEA yang akhir tahun ini mulai dibuka, tampaknya teknologi Internet semakin menjadi alat yang penting untuk meningkatkan kemampuan bersaing para generasi muda bangsa. Bila prestasi ini tidak terus ditingkatkan dan dijaga, maka momentum yang ada akan menjadi sia-sia. Ini adalah saat-saat dimana para start-up digital di Indonesia harus diperhatikan, khususnya yang bergerak dibidang pengembangan karir dan pendidikan.

sumber: pewresearch; suara.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini