Sungai Terpendek di Dunia..ada di Indonesia

Sungai Terpendek di Dunia..ada di Indonesia

Sungai Terpendek di Dunia..ada di Indonesia

Sungai Nil di Afrika merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai ini membentang sepanjang 6650 kilometer. Jika sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia, lantas sungai mana yang menjadi sungai terpendek di dunia? Ternyata jawabannya bisa ditemukan di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Desa Tamborasi diapit oleh Pegunungan Tamborasi dan bersanding di Teluk Bone, pantas jika desa ini diilhami lanskap yang menawan.

Sungai Tamborasi hanya membentang sepanjang 20 meter, lebih pendek dari Sungai Ombla di Kroasia (30 meter) yang tercatat sebagai sungai terpendek versi Wikipedia. Juga lebih pendek dari Sungai Roe di Amerika Serikat (60 meter) sebagai sungai terpendek di dunia yang tercatat dalam Guinness Book of World Records. Dengan jarak yang sangat pendek dan memiliki lebar sekitar 15 meter, Tamborasi tidak terlihat seperti sungai namun lebih mirip danau berukuran kecil. Aliran airnya-lah menguatkan bahwa ini memang sebuah sungai.

Air Sungai Tamborasi berwarna hijau jernih dan sekilas terlihat tenang seperti danau. Akan tetapi, sejatinya air ini mengalir sehingga bisa dikatakan sebagai sebuah sungai. Hulu sungai berhubungan langsung dengan laut. Panorama Tamborasi semakin cantik tatkala pohon-pohon memagarinya. Di sisi lain, sungai ini berbatasan langsung dengan pasir dan Pantai Tamborasi. Dengan demikian, jika berkunjung ke sini Anda memiliki dua pilihan kolam untuk berenang, yaitu Sungai Tamborasi atau Pantai Tamborasi.

Uniknya, kedua sumber air memiliki suhu yang berbeda. Air sungai terasa dingin dan air pantai lebih hangat. Terkadang terumbu karang pun terlihat jika air pantai menyurut. Pemandian alam ini merupakan tujuan wisata keluarga, sangat ramai ketika hari raya tiba. Jika Anda beruntung, binatang endemik seperti monyet berbulu emas dan beberapa spesies burung laut akan ditemukan di sekitar Sungai Tamborasi.

Ada mitos lahir di Sungai Tamborasi. Konon apabila pengunjung dapat mengikatkan sebuah tali pada akar-akar pohon di pinggiran sungai, penduduk setempat percaya bahwa jodoh akan datang atau hubungan akan harmonis.

Berikut foto-foto keindahan sungai Tamborasi, sungai terpendek dunia yang ada di Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Nah, jika Anda berinisiatif melakukan liburan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini. Sebagai tambahan, saat menuju sungai, Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang menawan dari gunung marmer di sepanjang jalan

Pilih BanggaBangga20%
Pilih SedihSedih7%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau60%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Wakil Bangsa di di Intel International Science and Engineering Fair Sebelummnya

Wakil Bangsa di di Intel International Science and Engineering Fair

Mengenal Crop Circle yang Menghebohkan di Kediri Selanjutnya

Mengenal Crop Circle yang Menghebohkan di Kediri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.