Kitab Negarakertagama Diakui Sebagai Memori Dunia

Kitab Negarakertagama Diakui Sebagai Memori Dunia
info gambar utama
01-15-15-1335934572172184137Koleksi dokumen sejarah kerajaanMajapahitmilik bangsa Indonesia,kitabNegarakertagama, telah diakui sebagaiMemori Duniaoleh UNESCO. Kitab sastra yang ditulis Empu Prapanca di sekitar tahun 1350-1389 itu menceritakan perjalanan sejarah KerajaanMajapahitdi bawah pemerintahanSri Rajasanagara(Hayam Wuruk).Kitab yang ditulis di atas daun lontar tersebut terdaftar dalamThe Memory of the World Regional Register for Asia/Pacific.

”Tentu saja pengakuan ini sangat membanggakan karena Indonesia memiliki peninggalan sejarah yang diakui internasional,” Naskah Negarakertagama saat ini tersimpan di Perpustakaan Nasional, Jakarta.

UNESCO memberikan pengakuan pada dokumen-dokumen sejarah dari berbagai negara dalam program Memori Dunia dengan tujuan memelihara dan menyebarluaskan arsip-arsip serta koleksi berharga yang tersimpan di perpustakaan dari seluruh dunia.
Manuskrip Negarakertagama ini dulunya pernah dibawa VOC ke Belanda. Beruntung pada masa pemerintahan Soeharto tahun 1974, setelah melalui lobi-lobi intensif, manuskrip ini bisa dibawa kembali ke Indonesia.

Penghargaan ini memberikan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia atas kejayaan masa lalu. Karena itu, manuskrip kuno yang dimiliki bangsa ini perlu dijaga dan dimanfaatkan untuk pembelajaran di masa depan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini