Replika Menara Eiffel Pertama di Dunia Ternyata Dibuat di Kota di Jawa Barat ini

Replika Menara Eiffel Pertama di Dunia Ternyata Dibuat di Kota di Jawa Barat ini
info gambar utama

Siapa yang tidak mengenal menara Eiffel yang tersohor itu. Bagi Prancis, bahkan Eropa, menara yang sebenarnya "biasa" saja (untuk ukuran masa kini) itu menjadi ikon dan magnet bagi orang-orang dari seluruh dunia untuk mengunjungi Paris, Prancis, dan kemudian berkelana di Eropa. Menara Eiffel adalah sebuah menara dari besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris Perancis.

Menara ini di namai Eiffel sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel. Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Menurut info dari wikipedia.com lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889.

Procession during the coronation festivities of 1898 (wikimedia)
info gambar

Menara Eiffel Dari Bambu

Siapa sangka Menara Eiffel yang terkenal di Paris Perancis itu pernah ada dibuat di Tasikmalaya. Namun bila menara eiffel di paris menggunakan terbuat dari susunan rangka besi namun menara Eiffel yang ada di Tasikmalaya dibuat dari bambu. Menara Eiffel ada di Tasikmalaya dibuat dalam rangka perayaan penobatan Ratu Belanda Wihelmina pada tahun 1898. Menara Eiffel bambu ini di rancang dan dilaksanakan oleh inspektur Air AH van Bebber di Pendopo Tasikmalaya pada waktu itu. Dari foto tersebut dengan melihat perbandingan tinggi manusia dan menara, kemungkinan tingginya sekitar 40-50 meter. Letak pembangunannya tidak jelas, apakah di alun-alun depan pendopo atau dimana.

Replika menara Eiffel bambu Tasikmalaya jauh lebih tinggi dari replika menara Eiffel bambu yg dibuat di Erasmusburg Rotterdam Negeri Belanda April 2008 yg tingginya hanya 15 meter.

Foto-foto menara Eiffel ada di tasikmalaya terbuat dari bambu.

Menara Eiffel Tasikmalaya (foto: Antara)
info gambar
Replika Menara Eiffel dari bambu di Tasikmalaya, Jawa Barat (Foto: Muhajir Salam/Facebook)
info gambar
Replikas Menara Eiffel dari Bambu (Foto: ijomuda.com)
info gambar

Bamboo Eiffel Tower replica in Tasikmalaja, Java erected in honor of the coronation of Queen Wilhelmina in 1898; it designed and implemented by the water superintendent A.H. van Bebber. Sumber : wikimedia

Optocht tijdens de kroningsfeesten van 1898. Sumber : wikimedia

Priangantimur.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini