Obyek Wisata Mana yang Punya Toilet Terbersih di Indonesia?

Obyek Wisata Mana yang Punya Toilet Terbersih di Indonesia?
info gambar utama
Pergi liburan ke tempat wisata dengan fasilitas toilet yang bersih, tentu itu jadi impian semua wisatawan. Nah kalau di Indonesia, ada beberapa objek wisata yang toiletnya dianggap paling bersih. Pengakuan soal toilet bersih ini bukan main-main lho. Ada penghargaan resmi bernama Sapta Pesona Toilet Bersih yang digelar Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) dan Kemenparekraf tahun 2014 kemarin. Dalam penghargaan tahun lalu, objek wisata dengan toilet terbersih adalah Waterbom Bali. Sementara untuk kategori waterpark yang paling bersih adalah Waterbom Bali (Juara I), Waterbom PIK (Juara II) dan Ocean Park Banten (Juara III).
Waterboom Bali

Nah, dalam penghargaan tahun 2014 ada juga objek wisata dengan toilet terbersih untuk kategori theme park yaitu Mikie Funland Brastagi Medan (Juara I), Trans Studio Makassar (Juara II), Trans Studio Bandung (Juara III). Sedangkan untuk kategori waterpark dan theme park yang dikelola pemerintah ada Owabong Purbalingga (Juara I) dan Pikatan Waterpark Temanggung (Juara II). "Petunjuk letak toilet jelas, sarana dan fasilitas ada, seperti tempat sampah dan sabun dan bersih," ujar Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning S Adiwoso menjelaskan parameter untuk menilai toilet terbaik, saat dihubungi oleh detikTravel. Menurut Naning, objek wisata yang baik mengelola toilet adalah cleaning sercivenya sigap dan tidak menelantarkan wisatawan, walaupun pengunjungnya. "Yang selalu dilihat di toilet, pertama fasilitas, pengering tangan, air bersih, tempat sabun, ventilasi bagus, tempat pembuangan tisu wanita, tempat sampah, pengharum juga ada dan selalu kering," kata Naning. Tahun 2015 ini rencananya akan ada lagi penghargaan toilet bersih, namun untuk kategori bandara. Antara bandara dan objek wisata akan diselang-seling setiap tahun. "Rencana dengan Kementerian Pariwisata, kalau tidak salah adalah untuk bandara. Kita akan kasih nilai untuk bandara, bandara dua tahun sekali. Tahun depannya tujuan wisata, tahun depannya lagi bandara," tutupnya. "Rencana dengan Kementerian Pariwisata, kalau tidak salah adalah untuk bandara. Kita akan kasih nilai untuk bandara, bandara dua tahun sekali. Tahun depannya tujuan wisata, tahun depannya lagi bandara," tutupnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini