Seringkali kita bertanya-tanya, bagaimana cara melaporkan sanitasi yang bermasalah, jalan berlubang, demonstrasi di jalan, tempat sampah yang berbau, dan sebagainya, dan mendapatkan response dari pemerintah? Atau bagaimana mendapatan informasi dari CCTV terkait kejadian-kejadian di sekitar kita? Kini ada solusinya, dan sepenuhnya dibuat oleh anak bangsa. Qlue namanya. 

Qlue adalah Social Media berbasis Mobile Application yang berintegrasi dengan program Pemprov DKI yaitu Jakarta Smart City yang bertujuan memfasilitasi warga jakarta pada khususnya untuk turut serta membantu pemprov DKI dengan cara peduli terhadap lingkungan sekitar dan membantu dinas dinas yang terkait untuk melakukan tugasnya. Qlue juga sebagai salah satu bentuk transparansi pelaporan karena seluruh laporan yg berada di jakartasmartcity.go.id (cek via desktop) di tarik dari keluhan warga yang di posting via qlue apps ini. 

Cara kerja qlue hanya dengan mengambil foto misalanya : macet, foto sampah yg mengganggu, lampu jalan yg mati, lampu merah yang mati, pohon tumbang,demonstrasi, jalanan rusak, trotoar penuh dengan PKL liar, pengemis atau apapun yang mengganggu kegiatan di lingkungan yang berhubungan dengan fasilitas umum dapat di laporkan di qlue, dan langsung di verifikasi oleh dinas terkait dan ditindak lanjuti. Pelaporan yang sudah ditindak lanjuti akan langsung di posting kembali oleh dinas yang sudah menyelesaikan masalah dari pelapor tadi.

Fitur fitur lainnya yang dapat dinikmati oleh pengguna adalah review tempat, screen shoot cctv wilayah kota jakarta, tracking bus transjakarta, dan apresiasi masyarakat. Saat ini downloader qlue terhitung Januari 2015 sampai dengan saat ini berjumlah 32 ribu pengguna, kelurahan yang bergabung berjumlah 236 kelurahan, dan dinas yang bergabung sebanyak 10 instansi. 

Qlue dapat di download pada handphone android (play store) dan iOS (appstore).  Untuk link IOS : http://j.mp/QLUEforiOS dan untuk android : http://bit.ly/1GOJzN0



Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu