Tas Karya Anak Bangsa ini Menjadi Favorit Selebriti Dunia

Tas Karya Anak Bangsa ini Menjadi Favorit Selebriti Dunia
info gambar utama

Pada tahun 2010 hingga 2012, nama Nancy Go pernah menjadi perancang tas yang diidolakan kalangan sosialita dan selebritas dunia. Para pesohor dunia seperti Emma Thompson, Anggun, Putri Zara Phillips dan Paris Hilton sangat kesengsem dengan tas buatan Nancy Go berlabel Bagteria. Produk hasil kreasi anak bangsa ini berhasil menembus pasar dunia.

Nancy Go merancang tasnya dengan gaya berbeda dan berkelas. Dengan membandrol harga tas eksklusif dari bahan-bahan terpilih mulai Rp 1 juta sampai puluhan juta rupiah. Kualitas produk tasnya memang lebih dikenal para selebriti dan sosialita dunia ketimbang di dalam negeri.

Nancy Go hobi menyulam dan merajut sejak tahun 2000. Saat itu secara iseng Nancy membuat tas yang diberi label Bagteria. Nama itu dipilih karena lucu dengan harapan agar mewabah seperti bakteri. Bermodalkan Rp 100 juta, bersama suaminya, Bert Ng, ia mendirikan PT Metamofosa Abadi, dan mempekerjakan lima karyawan. Awal kemunculannya, tas ini tidak dipasarkan di dalam negeri sebab Nancy Go sadar, orang Indonesia masih memandang sebelah mata produk sendiri, apalagi yang berharga mahal. "Orang Indonesia memilih tas impor,” ujarnya.

Harga tas Bagteria mahal lantaran bahan dasarnya bukan sembarangan. Nancy Go memakai teknik sulam, renda, dan payet yang dijahit tangan, pernak-perniknya unik dan eksklusif. Sebut saja, kristal swarovski, sterling silver, gold platted, kulit ikan dari Islandia, kulit burung unta (ostrich), bahkan gading gajah purba (mammoth) yang sudah punah. Bahan gading itu didapat dari Siberia, sebagai pengganti gading gajah.

Membidik Hongkong yang dinilai Nancy sebagai kiblat mode Asia. engan tekun ia ke luar masuk toko menawarkan tas kreasinya. Hingga suatu saat, Outpader Landtrover, pemilik salah satu toko, suka pada desain tasnya dan memborong 50 unit tas Bagteria. Di luar dugaan, tas itu laku keras dan jadi buah bibir kalangan atas Hongkong.

Buah kesuksesannya di Hongkong, Nancy Go langsung merambah Milan, Italia, masih dengan cara door to door. Dan ternyata, selera orang Milan cocok dengan Bagteria, hingga tas ini disejajarkan dengan Louis Vuitton, Chanel, atau Prada. Berkat sukses di Milan, Paris dan negara Eropa lain, Nancy Go pun merambah pasar Amerika Serikat dengan rajin ikut pameran dan Pekan Mode. Disinilah, para bintang dunia mengenal tas buatan Indonesia dan memakainya untuk berbagai acara. Termasuk Paris Hilton yang tercatat mengoleksi banyak tas ini. Di Indonesia, label ini pernah memiliki gerai di Plasa Indonesia tapi kemudian sekitar tahun 2012.

Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini