FKUGM Juara Olimpiade Fisiologi Dunia 2015

FKUGM Juara Olimpiade Fisiologi Dunia 2015
info gambar utama

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) baru saja menyabet gelar juara 1 dalam ajang 13th Inter-Medical School Physiology Quiz (IMSPQ), sebuah ajang olimpiade fisiologi bergengsi tingkat dunia yang diselenggarakan oleh Universiti Malaya di Kuala Lumpur, Malaysia 11-14 Agustus kemarin.

Tim FK UGM yang terdiri dari lima mahasiswa itu berhasil mengalahkan 92 tim fakultas kedokteran dari 30 negara di seluruh belahan dunia. Adapun kelima mahasiswa tersebut adalah Marcellus Korompis, Francisco Gilbert Timothy, Galih Pratama, Widyan Putra Anantawikrama, Danny Agus Pramana W. Mereka berhasil memenangkan ajang bergengsi tersebut setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat sejak Desember 2014 sampai Maret 2015. Dalam perjalanannya selama 6 bulan sebelum bertanding mereka banyak mendapat bimbingan dari dosen-dosen di Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran UGM, seperti Dr. dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM., dr. Ginus Partadiredja, M.Sc., Ph.D., AIFM., dr. Sri Lestari Sulistyorini, M.Sc., dan dr. Rahmaningsih Mara Sabirin. Selain itu mereka juga belajar dari kakak angkatan yang sebelumnya pernah ikut di ajang yang sama. IMPSQ sendiri digelar setiap tahun sejak 2003. Olimpiade ini terdiri dari dua tes, tes tertulis dan lisan. Tes tersebut menyangkut bidang ilmu faal manusia, yaitu ilmu yang mempelajari fungsi sistem tubuh manusia. Dalam tes tertulis tersebut tidak ada sistem gugur. Skor pada tes tertulis dipergunakan untuk menentukan peringkat dan urutan pada tes lisan di hari kedua. Setiap tahun FK UGM selalu mengirimkan delegasinya di ajang Olimpiade Ilmu Faal paling bergengsi ini. Tahun lalu FK UGM juga berhasil meraih juara 4 pada IMPSQ tersebut. Atas prestasi FK UGM yang selalu menempati 8 besar dan meningkat setiap tahunnya, ditambah dengan kemenangan tahun ini di posisi pertama, maka FK UGM dipercaya menjadi tuan rumah IMPSQ ke-14 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juli tahun depan. Ajang itu sekaligus menjadi IMPSQ pertama yang dihelat di luar Malaysia. Selamat Tim IMPSQ FK UGM! Semoga tahun depan bisa mempertahankan gelar juaranya. Sumber: 1. https://fk.ugm.ac.id/

2. https://www.ugm.ac.id/

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini