Air Terjun di Kalimantan Barat ini Disebut sebagai Miniatur Niagara Falls

Air Terjun di Kalimantan Barat ini Disebut sebagai Miniatur Niagara Falls
info gambar utama
Air terjun yang satu ini konon miniatur Air Terjun Niagara di Amerika Serikat. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 8 meter, air terjun ini sangat berbeda dengan air terjun yang ada di Indonesia pada umumnya. Inilah Air Terjun Riam Merasap, Air Terjun yang terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Menuju air terjun ini tidaklah mudah dan sedikit menantang. Dari Pontianak air terjun ini berjarak sekitar 300 Km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bila menggunakan bus, waktu perjalanan kurang lebih sekitar 8 jam dengan melewati rute Pontianak - Pinyuh - Anjungan - Toho - Karangan - Bengkayang - Sanggau Ledo.
Air Terjun Niagara, air terjun raksasa yang berarti "Air yang menggelegar" yang terletak di AS-Kanada

Bila Anda berada di Kota Singkawang, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke Air Terjun  yang terletak di Terletak di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas,  ini sekitar 130 Km dengan menggunakan kendaraan roda empat. Begitu memasuki area lokasi air terjun, pengunjung harus sedikit berhati-hati karena sedikit terjal dan licin. Namun begitu melihat dari dekat pesona air terjun ini, mata kita seperti dimanjakan dengan pemandangan indah dari air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter ini. Belum lagi pemandangan hijaunya pohon-pohon yang mengelilingi air terjun menambah sejuk suasana. Keberadaan Gua Maria di atas air terjun membuat Air Terjun Riam Merasap selalu ramai dikunjungi umat Katolik pada perayaan hari-hari besar terutama menjelang bulan Rosaria. Nama Air Terjun Riam Meresap berasal dari pemberian masyarakat yang melihat banyak buih-buih yang keluar dari tetesan air terjun ini yang sekilas menyerupai asap. Setiap musim penghujan tiba sekitar bulan Oktober atau saat hujan deras biasanya buih-buih ini akan terlihat. Menurut sebuah legenda, konon di air terjun ini terdapat intan sebesar kepalan tangan manusia dewasa yang dijaga oleh seekor kura-kura putih. [Tauhid/IndonesiaKaya]

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini