Menengok Masjid Minimalis Keren di Bandung. Juara Asia

Menengok Masjid Minimalis Keren di Bandung. Juara Asia
info gambar utama
Bandung bukan hanya menarik ditelisik dari sisi kemodernan kota, kesunyian daerah pegunungan dan keramaian pusat-pusat perbelanjaan dan hiburannya namun juga banyak tempat yang asyik untuk bermuhasabah dan mendekatkan diri kepada Ilahi. Masjid al-Irsyad Bandung ialah salah satu tempat yang begitu nyaman dan beraura surgawi. Masjid ini sangat mudah untuk ditemukan karena lokasinya strategis dan memiliki desain arsitektural yang menarik dan berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil ini merupakan tempat beribadah yang berbentuk kubus dan tanpa kubah. Masjid ini sangat indah dengan penekanan detil bangunannya yang sangat ciamik. Dinding-dindingnya berlubang dan memiliki fungsi ganda yakni sebagai ventilasi dan sisi keartistikannya. Kalau diperhatikan secara seksama maka kita akan mendapati bahwa lubang-lubang tersebut membentuk dua kalimah syahadat. Yang menarik ialah ketika pada malam hari dimana lampu-lampu masjid dinyalakan maka lampu yang menerobos keluar ruangan seolah membentuk lafaz syahadat. Kemudian ketika masuk ke dalamnya tentu saja ada nuansa ketenangan bathiniyah yang akan didapatkan oleh setiap pengunjungnya. Bukan hanya itu, desain interior yang ada didalam masjid ini sungguh sangat mengagumkan. Pada bagian mimbarnya, Anda akan mendapati mimbar yang tidak tertutup dinding sehingga dapat melihat langsung ke arah bukit hijau yang indah dan menggambarkan kesempurnaan penciptaan.
(Foto: Radian Dewantoro)

Sebagai tempat beribadah yang memang sudah sepantasnya disucikan, kebersihan dan keterawatan masjid ini sangat diperhatikan. Larangan bagi pengunjung yang kesini ialah mesti melepas alas kaki ketika hendak masuk ke dalam masjid, menghindarkan dari keadaan berdua-duaan bagi dua insan yang bukan muhrim dan tidak diperkenankan untuk berfoto didalamnya sekalipun untuk pre-wedding. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengambil gambar, maka diperbolehkan di sekeliling masjid saja. Halaman masjid ini cukup luas dengan rimbunnya pepohonan. Disediakan juga bangku untuk duduk para pengunjung. Lokasi Masjid Al-Irsyad berada di Jalan Parahyangan Km 2.7, Kota Baru, Bandung, Jawa Barat. https://bandung.panduanwisata.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini