Udang Spesies Baru di Raja Ampat diberi nama Elton John

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia ternyata masih memiliki banyak spesies fauna baru. Bahkan penemuan spesies udang terbaru diberi nama berdasarkan nama penyanyi terkenal asal Inggris Elton John. Bukan karena udang jenis baru ini bisa bernyanyi, namun pemberian nama itu semata-mata karena kekaguman peneliti udang itu terhadap sang legenda lagu rock. Udang mikroskopis yang diberi nama latin L. eltoni itu ditemukan di sebuah karang seekor invertebrata di Raja Ampat.
Udang Elton John Leucothoe eltoni (Foto: Dr. James Darwin Thomas)

Antara udang dengan inverterbrata itu terjadi sesuatu yang disebut hubungan komensal yaitu hubungan di mana tidak ada pihak tidak dirugikan atau diuntungkan. Penamaan itu diberikan James Darwin Thomas, professor dari Halmos College of Natural Sciences and Oceanography di Florida kepada spesies itu sebagai bentuk hormatnya terhadap Sir Elton John. Penamaan ini agak berbeda dan unik sebab biasanya penamaan didasarkan pada tempat hewan itu hidup atau fitur tubuh hewan yang diteliti. “Saya telah mendengarkan musiknya (Elton John) di lab selama karier ilmiah saya,” terangnya. "Saya menemukannya ketika krustasea yang memiliki embel-embel yang besar ini, muncul di bawah mikroskop saya. Spesies itu mengingatkan saya kepada sepatu Elton John yang ia pakai ketika memainkan ‘Pinball Wizard’,” tambahnya. Studi yang dilakukan oleh Thomas dan beberapa peneliti lain itu diterbitkan minggu ini di jurnal Zookeys. Setelah para peneliti menemukan krustasea di sebuah terumbu karang di Raja Ampat, Indonesia, mereka langsung dihubungi oleh para ilmuwan di Hawaii, di mana L. eltoni tiba sebagai spesies invasif. newsweek.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih100%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Astronot Jepang Terpesona dengan Indonesia dari Luar Angkasa Sebelummnya

Astronot Jepang Terpesona dengan Indonesia dari Luar Angkasa

Sejarah Hari Ini (4 Juli 1927) - Pembentukan PNI oleh Sukarno dan Cipto Mangunkusumo Selanjutnya

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.