Udang Spesies Baru di Raja Ampat diberi nama Elton John

Indonesia ternyata masih memiliki banyak spesies fauna baru. Bahkan penemuan spesies udang terbaru diberi nama berdasarkan nama penyanyi terkenal asal Inggris Elton John. Bukan karena udang jenis baru ini bisa bernyanyi, namun pemberian nama itu semata-mata karena kekaguman peneliti udang itu terhadap sang legenda lagu rock. Udang mikroskopis yang diberi nama latin L. eltoni itu ditemukan di sebuah karang seekor invertebrata di Raja Ampat.
Udang Elton John Leucothoe eltoni (Foto: Dr. James Darwin Thomas)

Antara udang dengan inverterbrata itu terjadi sesuatu yang disebut hubungan komensal yaitu hubungan di mana tidak ada pihak tidak dirugikan atau diuntungkan. Penamaan itu diberikan James Darwin Thomas, professor dari Halmos College of Natural Sciences and Oceanography di Florida kepada spesies itu sebagai bentuk hormatnya terhadap Sir Elton John. Penamaan ini agak berbeda dan unik sebab biasanya penamaan didasarkan pada tempat hewan itu hidup atau fitur tubuh hewan yang diteliti. “Saya telah mendengarkan musiknya (Elton John) di lab selama karier ilmiah saya,” terangnya. "Saya menemukannya ketika krustasea yang memiliki embel-embel yang besar ini, muncul di bawah mikroskop saya. Spesies itu mengingatkan saya kepada sepatu Elton John yang ia pakai ketika memainkan ‘Pinball Wizard’,” tambahnya. Studi yang dilakukan oleh Thomas dan beberapa peneliti lain itu diterbitkan minggu ini di jurnal Zookeys. Setelah para peneliti menemukan krustasea di sebuah terumbu karang di Raja Ampat, Indonesia, mereka langsung dihubungi oleh para ilmuwan di Hawaii, di mana L. eltoni tiba sebagai spesies invasif. newsweek.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih100%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Astronot Jepang Terpesona dengan Indonesia dari Luar Angkasa Sebelummnya

Astronot Jepang Terpesona dengan Indonesia dari Luar Angkasa

Sepak Terjang Perjalanan Cukur Rambut Asgar Selanjutnya

Sepak Terjang Perjalanan Cukur Rambut Asgar

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

Seorang copywriter dan penulis konten yang berusaha menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.