PASAR PENUMPANG PESAWAT INDONESIA TERBESAR KE-6 DI DUNIA * Asosiasi penerbangan dunia atau International Air Transport Association (IATA) memprediksi Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan pasar penumpang angkutan udara terbesar ke-6 di dunia. Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-12 dunia. * IATA memperkirakan total penumpang angkutan udara, untuk penerbangan domestik dan internasional di Indonesia akan menembus angka 270 juta penumpang pada 2034 atau 20 tahun ke depan, naik 200% atau 3 kali lipat
Bandara Sepinggan, Balikpapan

* Pada 2014 total penumpang pesawat di Indonesia mencapai 86 juta penumpang dengan rincian penerbangan domestik mencapai 76,49 juta penumpang dan penerbangan internasional mencapai 10,25 juta penumpang * Asosiasi penerbangan Asia Pasifik atau Association of Asia-Pasific Airlines (AAPA) mencatat jumlah penumpang pesawat di seluruh dunia pada 2013 mencapai 3 miliar orang. * Dari 3 miliar penumpang pesawat di seluruh dunia, 31% adalah penumpang pesawat dengan mobilitas hanya di kawasan Asia-Pasifik. * Di Asia Pasifik setiap tahunnya ada 1,012 miliar orang lalu-lalang menggunakan pesawat udara * Dari jumlah itu, didapat 715 juta penumpang berasal dari penerbangan domestik sedangkan 297 juta dari penerbangan internasional plus mengangkut 19 juta kargo * Secara total, sebanyak 1,012 miliar orang tersebut diangkut dengan 5.911 pesawat terbang dengan penerimaan total USD163 miliar dan laba USD1,6 miliar. * Besarnya pasar penerbangan Asia-Pasifik ditopang jumlah penduduk yang cukup besar. Populasi Asia-Pasifik tercatat 4 miliar jiwa, atau 51% dari total populasi dunia. BANDARA INDONESIA SABET GELAR TERBAIK DUNIA * Berdasarkan survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) kuartal I 2015, Bandara Gusti Ngurah Rai Bali dinobatkan sebagai bandara dengan layanan terbaik nomor 3 di dunia. Sebelumnya pada survey 2014, Bandara Juanda Surabaya juga masuk dalam jajaran 10 besar bandara dengan layanan terbaik di dunia berkategori bandara jumlah penumpang 15 hingga 25 juta penumpang per tahun.
Bandara Ngurah Rai, Bali

* Ngurah Rai dan Juanda berhasil mengungguli bandara di negara-negara maju seperti Bandara Kansai Osaka di Jepang, Bandara San Diego di California, Amerika Serikat, Bandaea Zurich di Swiss Bandara Brisbane Queensland di Australia dan Bandara Manchester di Inggris. * Di kategori bandara dengan jumlah penumpang 5-15 juta per tahun, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan juga masuk dalam jajaran bandara berlayanan terbaik dunia dengan berada di peringkat ke-16 dari 79 bandara yang disurvei ASQ.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu