Indonesia akan memiliki Pelayaran Kapal Pesiar asli dalam Negeri

Indonesia akan memiliki Pelayaran Kapal Pesiar asli dalam Negeri
info gambar utama

Pelayaran dengan kapal pesiar (cruise) dalam negeri mengunjungi destinasi wisata segera terwujud. Setelah adanya usulan dan kesepakatan sejumlah badan usaha milik negeri (BUMN) menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (persero) Bambang Eka Cahyana mengatakan BUMN sepakat menyelenggarakan pelayaran dengan kapal pesiar yang direalisasikan operator dalam negeri untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata Indonesia pada 2016.

Bahkan, usulan itu sudah disepakati dan dituangkan dalam road map BUMN. "Dilakukan operasional kapal cruise dalam negeri," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, seperti diberitakan Selasa (1/9/2015).

PT Pelayaran Nasional (persero) akan menjadi operator kapal pesiar. Sementara Pelindo dan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (persero) menyiapkan terminal penumpang sebagai infrastruktur pendukung. Bambang mengaku telah mengusulkan rute pelayaran untuk kapal pesiar yang berada dalam ruang lingkup Pelindo I. Keberangkatan dari pelabuhan Belawan dengan mengunjungi destinasi di Sabang, Nias ,dan Sibolga.

Selain potensi pengembangan rute pelayaran di pelabuhan yang dikelola Pelindo. "Misalnya wisatawan kapal pesiar naik dari Tanjung Benoa ke destinasi Labuan Bajo, nyambung ke wilayah Pelindo IV mengunjungi kepulauan Raja Ampat," katanya.

Ia menambahkan penyelenggaraan pelayaran dengan kapal pesiar oleh BUMN bertujuan menarik wisatawan asing berkunjung ke destinasi wisata Indonesia. Pasalnya selama ini kapal pesiar hanya singgah di pelabuhan. Selain itu, kapal pesiar juga dilarang menaikkan penumpang. metrotvnews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini