Ternyata Produk Alam Indonesia ini Menghasilkan 85% Wewangian di Dunia

Ternyata Produk Alam Indonesia ini Menghasilkan 85% Wewangian di Dunia
info gambar utama
Indonesia memang pantas bila dinobatkan sebagai Negeri dengan sejuta kekayaan alam. Bukan hanya dari segi sumber daya pertambangannya saja yang sangat kaya, namun juga dari produk olahan alamnya. Seperti minyak nilam yang digunakan oleh dunia untuk bahan pembuatan parfum. Sekitar sepertiga parfum di dunia memakai minyak nilam atau patchouli untuk memberikan aroma yang kuat. Begitu kuatnya hasil distilasi tanaman nilam ini, sekitar 50 persen parfum pria di dunia pasti mengandung ekstrak nilam. Sayangnya, belum banyak orang tahu bahwa ternyata Indonesia merupakan negara produsen nilam terbaik. Padahal, sekitar 85 persen parfum dan kosmetik di dunia memakai hasil distilasi tanaman nilam dari Indonesia. Fakta ini merujuk pada data Direktorat Jenderal Perkebunan yang menjelaskan bahwa volume ekspor nilam dari Indonesia mencapai angka 1.057 triliun pertahun.
Parfum Ilustrasi: Parfum

Menurut seorang pakar parfum dari Singapura, Anne Sylvie, Indonesia sangat beruntung dengan letak geografis yang strategis sehingga dapat memproduksi minyak nilam kualitas wahid. Seperti dikutip dari CNN Indoensia Anne mengatakan "Indonesia terletak di khatulistiwa sehingga tanahnya baik untuk tumbuhan nilam. Tidak seperti negara lain, Indonesia hanya memiliki dua musim jadi ada banyak waktu untuk prosesnya." Menurutnya, untuk mendapatkan produk minyak yang baik, nilam harus ditanam hingga 5-6 bulan. Setelah dipanen, tanaman harus dikeringkan 4-5 hari kemudian memasuki tahap distilasi selama 8 jam. Dari 200 kilogram nilam, hanya akan didapat 1 kilogram minyak. Selama proses tersebut, kata Anne, Indonesia tidak mengalami perubahan cuaca yang drastis sehingga kualitas nilam tak terganggu. Namun, Anne membocorkan bahwa aroma dari satu tanaman sangat tergantung pada keadaan detail cuaca dan daerah saat penanaman. "Kalau di Indonesia, minyak nilam terbaik itu didapatkan dari yang ditanam pada musim hujan di Sumatera Utara, Sumatera Barat, sebagian Jawa, Kalimantan, dan Bali," katanya. Dengan kualitas tinggi tersebut, minyak nilam dari Indonesia pun dikirimkan ke berbagai negara, seperti Singapura, Amerika Serikat, Spanyol, Swiss, Inggris, bahkan Perancis. CNN Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini