Lupa Sandi?

Pria ini Menjadi Orang Indonesia Pertama yang Keliling dunia Menggunakan Motor

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Pria ini Menjadi Orang Indonesia Pertama yang Keliling dunia Menggunakan Motor
Berkeliling dunia, mungkin menjadi impian setiap orang. Menjelajahi dunia melihat tempat-tempat yang menarik dan eksotis untuk mengenalinya lebih dekat, pasti sangat menyenangkan. Namun apa jadinya bila kita berkeliling dunia menggunakan motor, pun dilakukan sendirian? Bisakah itu terjadi? Seorang putra bangsa telah membuktikan bahwa itu bisa dilakukan. Jeffrey Polnaja adalah orang Indonesia pertama yang melakukan perjalanan melebihi 400 ribu km menggunakan sepeda motor. Catatan perjalanannya yang mencapai 420 ribu km hanya bisa dikalahkan oleh Emilio Scotto dari Argentina dengan total jarak 735 ribu km. Rekor ini membuatnya mengalahkan prestasi pengendara asal Inggris, Ted Simon yang mencapai jarak 126 ribu km, dan Helge Pedersen asal Norwegia sejauh 400 ribu km.
Jeffrey Polnaja Jeffrey Polnaja menuju Hiroshima pada tahun 2012 yang lalu. (Foto: Dok. Jeffrey Polnaja)

Seperti dikutip dari Liputan6.com, pria yang lahir di kota Bandung, Juni 1962 yang lalu ini ingin membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang damai dan bukan negara teroris. "Indonesia adalah negara penuh kedamaian. Indahnya hidup di Indonesia harus diketahui dunia, terutama negara-negara yang masih dirudung konflik peperangan. Berdamai itu cantik. Peperangan, sekecil apapun, hanya bisa menghancurkan sendi-sendi kemanusiaan," tutur pria 53 tahun itu. Ride For Peace adalah perjalanan keliling dunia sembari berkampanye tentang perdamaian secara terus menerus yang dilakukan seorang diri oleh Jeffrey Polnaja. Pada 2006, Jeffrey telah menjelajahi 72 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. Selanjutnya di awal tahun 2012 Pria yang karib disapa Kang JJ ini kembali melanjutkan perjalanannya. Dia memulai perjalanan dari Paris, Perancis guna menjelajahi Eropa, termasuk menaklukan kawasan dingin di Siberia. Jeffrey kemudian masuk ke benua Amerika melalui Vancouver, Kanada setelah melintasi Samudra Pasifik. Dari Vancouver, Jeffrey memulai perjalanan panjangnya di benua Amerika, ia menuju Alaska melewati jalur ‘loose gravel’ ribuan kilometer sepanjang Dalton Highway dan berhasil mencapai Deadhorse, Prudhoe Bay--sebuah jalan di utara Amerika yang sangat terkenal di dunia karena keganasan medannya. Sejak awal 2006 hingga Juli 2015 setelah Australia, Jeffrey yang mengusung bendera Ride for Peace telah berkelana dengan sepeda motor BMW R 1150 GS bernomor polisi B 5010 JP nya itu sejauh kurang lebih 420.000 km. Sudah 97 negara di benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika, dan Australia dijelajahinya dengan waktu keseluruhan perjalanan adalah 5 tahun atau 2163 hari. Jeffrey kembali ke Tanah Air pada September yang lalu usai menyelesaikan penjelajahan di Timor-Leste. "Saya bersyukur masih diberikan kekuatan menjalani misi Ride for Peace," ujar Jeffrey saat diwawancarai sebelum melakukan perjalanan penutup "Road to Finish 420.000 Km Jeffery Polnaja" dari Bali menuju Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie