3 Letusan Gunung Indonesia Yang Mengguncang Dunia

3 Letusan Gunung Indonesia Yang Mengguncang Dunia
info gambar utama

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sederet gunung berapi aktif mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan deretan gunung api di Indonesia disebut dengan cincin api karena dikelilingi gunung berapi yang aktif. Namun demikian, menurut catatan sejarah terdapat beberapa gunung berapi di Indonesia yang letusannya pernah membuat seluruh penjuru dunia harus merasakan dampaknya. Ini dia 3 letusan Gunung Indonesia yang mengguncang dunia.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau
info gambar

Letusan besar Gunung Krakatau terjadi pada tahun 1883 dan pernah mengacaukan iklim dunia. Konon akibat letusan Krakatau, iklim bumi menurun 1,2 Celcius lima tahun berturut-turut. Letusan gunung ini terjadi empat kali mulai pukul 05.30 WIB sampai 10.02 WIB. Saat itu diperkirakan 30.000 korban jiwa meninggal akibat salah satu letusan gunung terdahsyat di dunia ini.

Gunung Tambora

Kaldera Gunung Tambora, Sumbawa
info gambar

Letusan Gunung Tambora terjadi pada 1815 ini menjadi salah satu letusan gunung paling mengerikan sepanjang sejarah peradaban manusia. Bayangkan saja, Gunung Tambora sebelumnya memiliki ketinggian 4.300 meter dan menjadi yang tertinggi kedua setelah Puncak Jaya.

Baca juga:Ditemukan! Jalur Pendakian Kuno Gunung Penanggungan

Setelah letusan, tinggi gunung Tambora berkurang menjadi 2.851. Guncangan letusan gunung Tambora ini terasa hingga ratusan mil dan menelan korban hingga 17.000 orang.

Gunung Toba Purba

Perbandingan letusan gunung berapi di dunia
info gambar

Menurut para peneliti, Danau Toba muncul akibat adanya letusan gunung. Gunung yang kemudian disebut dengan gunung Toba Purba tersebut diperkirakan meletus sekitar 70.000 tahun yang lalu. Letusan ini menyebabkan munculnya sekitar 2.000– 3.000 km kubik batu dan debu panas yang membuat suasana bumi menjadi kacau. Saat itu diperkirakan 10.000 manusia dan makhluk hidup lainnya meninggal dunia akibat letusan dahsyat ini. Bahkan banyak spesies hewan yang akhirnya sampai punah.

sumber: Liputan6.com

editor yf/gnfi 12-04-2016

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini