Lupa Sandi?

Festival Indonesia Jadi Ikon Budaya di Australia

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Festival Indonesia Jadi Ikon Budaya di Australia
Kebudayaan Indonesia yang beragam dan banyak jenisnya selalu menjadi daya tarik mancanegara. Melalui festival-festival yang sering diadakan oleh perwakilan-perwakilan Indonesia di berbagai negara, budaya nusantara diperkenalkan secara luas. Bahkan festival tersebut telah menjadi even yang ditunggu-tunggu di negara-negara sahabat Republik Indonesia seperti yang terjadi di Australia, dengan Festival Indonesia. Festival Indonesia merupakan promosi budaya tahunan terbesar yang digelar KBRI Canberra setiap tahun sejak 2008. Dan kini, Festival Indonesia telah menjadi Ikon Budaya di Canberra sebab festival ini selalu menjadi even yang ditunggu-tunggu warga Canberra.
Festival Indonesia Warga Indonesia - Australia bergoyang dangdut bersama dalam penyelenggaraan Festival Indonesia ke-8 di KBRI Canberra, Sabtu (10/10). Foto : dokumentasi KBRI Canberra.

Hal ini tercermin dari membludaknya jumlah pengunjung yang menghadiri event ini dari tahun ke tahun. Pada Festival Indonesia ke-8 yang diadakan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015 kemarin, sekitar 5.000 orang menyesaki pelataran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra. Para pengunjung dari berbagai kalangan berdatangan menuju lokasi. Tidak ketinggalan para duta besar dan diplomatik dari perwakilan asing di Canberra seperti Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Estonia, Kuba dan Timor Leste, bahkan warga Sydney yang berjarak 280 km dari Canberra, sangat menikmati Festival Indonesia yang digelar sejak pagi hingga sore hari. Sebab, di festival ini para pengunjung diberi kesempatan untuk menikmati acara layaknya berpiknik di area taman KBRI Canberra yang indah dihiasi aneka bunga musim semi. “Ini sangat fantastis! saya tidak pernah melihat kerumunan orang yang begitu besar datang untuk menikmati makanan dan musik di kedutaan besar seperti ini sebelumnya," kata Melissa, seorang penyiar radio di Canberra yang baru pertama kali menyaksikan Festival Indonesia. Menurut Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, Festival Indonesia bertujuan memperkenalkan secara lebih dekat berbagai seni, budaya dan makanan khas Indonesia kepada masyarakat Australia. Tujuan akhirnya adalah menciptakan minat pada warga Australia untuk berkunjung langsung ke Indonesia. “Selain itu, kegiatan ini juga untuk bertujuan menyatukan masyarakat kedua bangsa. Masyarakat Indonesia dan Australia berbeda nilai dan budayanya, tetapi dapat menjadi sahabat karena kedua bangsa semakin saling memahami melalui ajang kebudayaan dan kuliner seperti Festival Indonesia,” kata Dubes Nadjib seperti di lansir dalam laman kantor berita Australia, ABC. Disamping potensi pariwisata, Festival Indonesia juga dimaksudkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia yang tinggal di Canberra dan sekitarnya sekaligus untuk menciptakan rasa bangga dengan kekayaan budaya dan kuliner yang Indonesia miliki.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Pencerita yang tiada habisnya. Mencari makna untuk cipta karya. Pembelajar yang kerap lapar. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas