Usaha keras Indonesia untuk terus mempromosikan sektor pariwisata di kancah internasional mulai membuahkan hasil. Branding “ Wonderful Indonesia” berhasil menempati posisi 47 dari 141 negara berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index World Economic Forum. Indonesia mengalahkan Thailand yang menduduki peringkat 83 dan Malaysia diperingkat 93.
“Ini menunjukkan branding ‘Wonderful Indonesia' telah berhasil meningkatkan peringkat Indonesia di bidang pariwisata. Target ke depan terus meningkat hingga peringkat 30," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam sambutannya di acara Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (10/12/2015).
Peran media sangat penting dalam menyebarluaskan Wonderful Indonesia. Media cetak ( koran dan majalah), elektronik (tv dan radio), dan media online (web) mampu mendorong wisatawan nusantara untuk berkunjung ke tanah air dan memberikan dampak positif terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.
“Jumlah kunjungan wisman pada Januari hingga Oktober 2015 mencapai 8,017 juta atau tumbuh 3,38 persen, sedangkan pergerakan wisnus pada Januari hingga September 2015 sebanyak 187,3 juta perjalan. Kita harapkan akhir tahun ini target kunjungan 10 juta wisman dan pergerakan 255 juta perjalanan wisnus akan terlampaui. Kesemua capaian ini berkat dukungan peran media dalam memberitakan pariwisata sehingga mendorong minat wisatawan berwisata di Indonesia,” kata Arief Yahya.
travel.detik.com
Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News