Lupa Sandi?

Kemayoran, dari Bandara Pertama Hingga Kisah Tintin

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
Kemayoran, dari Bandara Pertama Hingga Kisah Tintin
Kemayoran, dari Bandara Pertama Hingga Kisah Tintin
Kawan GNFI semua tahu bandara internasional pertama yang ada di Indonesia apa? Soekarno Hatta ? Bukan. Bandara pertama di Indonesia yang dibuka untuk penerbangan internasional adalah Bandara Kemayoran.
(Bandara Kemayoran Tahun 1976, Foto : wikimedia.org )

Yups, Bandara Kemayoran dibangun sejak tahun 1934 oleh pemerintahan Hindia Belanda, bandara ini mulai beroperasi pada tanggal 6 Juli 1940 dengan kode bandara JKT. Walau begitu peresmiannya baru dilakukan pada tanggal 8 Juli 1940. Bandara Kemayoran mengalami fase bersejarah Indonesia dari masa pemerintahan Hindia Belanda, pendudukan Jepang hingga kemerdekaan Indonesia (Orde Lama dan Orde Baru). Mulai dari pesawat sipil hingga pesawat militer pernah mendarat di sini, sebut saja pesawat jenis Fokker, DC-3 Dakota yang merupakan pesawat pertama yang melakukan pendaratan dari Tjililitan atau Halim Perdanakusuma untuk saat ini, bahkan saat hadirnya pesawat berbadan lebar generasi awal seperti Boeing 747 dan Airbus A-300. Tidak heran jika Bandara Kemayoran ini disebut sebagai bandara terbaik di Timur kala itu. Bahkan Bandara Kemayoran ini pernah menjadi salah satu setting latar komik Tintin yang terkenal, yakni penerbangan 714 ke Sydney, dengan menampilkan pemandu lalu lintas (tower) Kemayoran.
( Komik tintin, Foto : pegipegi.com )

Bandara Kemayoran juga merupakan bandara pertama yang berfungsi sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan kedirgantaraan. Salah satu kegiatan kedirgantaraan atau airshow pertama diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus 1940. Penyelenggaraan Airshow ini untuk memperingati hari ulang tahun Ratu Kerajaan Belanda yakni Ratu Wilhelmina yang ke-80. Berbagai jenis pesawat milik KNILM turut serta meramaikan airshow ini. Selain itu setelah Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1984, Indonesian Airshow diselenggarakan untuk pertama kali di bandara ini. Meski pada saat itu bandara ini sudah tidak aktif lagi. Sayangnya, Bandara ini mulai berhenti beroperasi pada tanggal 1 Januari 1983 dan secara resmi benar-benar non aktif pada tanggal 1 Juni 1984. Sementara Bandara Soekarno Hatta sendiri diresmikan pada tanggal 1 Januari 1984 untuk menggantikan Bandara Kemayoran.*   Source : PegiPegi  

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Pejalan Kemana Saja. Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara