Mahasiswa Wakil Indonesia Bawa Pulang Tiga Penghargaan dari Yunani

Mahasiswa Wakil Indonesia Bawa Pulang Tiga Penghargaan dari Yunani
info gambar utama
Dua tim delegasi UI berhasil mendapatkan tiga penghargaan dalam World University Debating Championship (WUDC) 2016 di Yunani. Delegasi dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) English Debating Society (EDS) Universitas Indonesia yang maju ke kategori English as a Second Language (ESL). Tim delegasi UI atas nama Magreta Kailla Adenta dan Terry Muthahhari berhasil masuk final dan meraih penghargaan sebagai Grand Finalists of World University Debating Championship.
Terry Muthahhari dan Magreta Kailla Adenta Terry Muthahhari dan Magreta Kailla Adenta

Sementara tim delegasi atas nama Revaldi Nathanael dan Gabriel Charlotte, masuk ke 16 besar dan berhasil meraih penghargaan sebagai Top 16 of World University Debating Championship, serta Top 20 Best Speakers. Tahun ini kedua kalinya EDS masuk kategori ESL Grand Finals di WUDC. EDS UI merupakan satu-satunya club debat di Indonesia yg pernah masuk Grand Finals WUDC ESL Category selama dua tahun berturut-turut. Tahun ini, tim EDS UI dilatih oleh Roderick Sibarani. Pada babak eliminasi kompetisi dengan kategori Open Category, English as a Second Language (ESL) dan English as Foreign Language (EFL), tim ditandingkan menggunakan sistem gugur. Dalam satu sesi debat, dua tim dengan peringkat tertinggi yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Selama babak pre-eliminasi dan eliminasi tim dari UI melawan tim-tim dari universitas ternama, seperti Leiden University, Melbourne University, Harvard University, SMU Singapore, dll. Magreta-Terry (UI A) mengalahkan Leiden University di semi final dan membawa mereka ke final. Hal tersebut dilanjutkan hingga tersisa empat tim yang akan melaju di final. Tim yang menempati peringkat pertama di ketiga babak ini dinobatkan menjadi Worlds Champion Open Category, Worlds Champion ESL Category, dan Worlds Champion EFL Category. Panitia juga memberi penghargaan khusus kepada individu-individu yang mendapatkan nilai individual yang tinggi selama babak penyisihan. Penghargaan tersebut ialah Worlds Best Speaker Open Category, Worlds Best Speaker ESL Category, dan Worlds Best Speaker EFL Category. World University Debating Championship (WUDC) merupakan lomba debat tingkat internasional yang dilaksanakan sekali setahun sejak tahun 1981. Lomba ini adalah lomba debat yang menggunakan format British Parliamentary dan diikuti oleh universitas-universitas yang terdiri dari 400 tim di seluruh dunia. Isna Maratu Rodiyah / ui.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini