Pariwisata Indonesia terus menerus meraih prestasi. Setelah diberitakan bahwa Indonesia mendapat tiga nominasi dalam inovasi pariwisata United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Exellence and Innovation Tourism yang ke-12 akhir tahun lalu. Hari ini diberitakan bahwa Indonesia membawa pulang tiga gelar dalam ajang penghargaan tersebut.


Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya bahwa Indonesia mendapat nominasi dalam tiga bidang kategori yakni Award in Innovation in Public Policy and Governance yang diwakili oleh Pemkab Banyuwangi dengan inovasi penggunaan sistem informasi dalam bidang kepariwisataan dan tata kelola; Innovation in Enterprises  yang diwakili oleh Garuda Indonesia dengan programnya yang bernama Bali Beach Clean Up. Progam ini merupakan bentuk kepedulian Garuda Indonesia terhadap kebersihan pantai-pantai di Bali; Innovation in Non-Governmental Organizations yang diwakili oleh yayasan Karang Lestari dengan program Coral Reef Reborn. Sebuah program yang mengupayakan pelestarian kembali karang-karang yang rusak dan memperbaiki ekosistem laut di beberapa perairan Indonesia.


Ketiga wakil Indonesia tersebut berdasarkan berita yang didapatkan GNFI dari Kementrian Pariwisata pagi ini (20/01/2016 waktu Madrid, Spanyol), akhirnya membawa pulang penghargaan di kategorinya masing-masing. Garuda Indonesia dan Yayasan Karang Lestari diganjar sebagai pemenang first Runner-up atas programnya masing-masing dan Pemkab Banyuwangi berhasil membawa pulang penghargaan The winner of the UNWTO Award in Innovation in Public Policy and Governance



Raihan ini tentu saja menjadi angin segar bagi pariwisata Indonesia yang sempat dikhawatirkan akan menurun akibat isu terorisme beberapa minggu lalu. Padahal saat ini pariwisata Indonesia sedang dalam masa pertumbuhan yang sangat pesat. Semoga dengan penghargaan ini seluruh masyarakat dan pemerintah Indonesia dapat termotivasi untuk terus mengembangkan dan melestarikan kekayaan kepariwisataan lokal. 


Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu