Sekarang Konsultasi ke Dokter Hewan Bisa Secara Online Berkat Aplikasi Karya Mahasiswa UGM ini

Sekarang Konsultasi ke Dokter Hewan Bisa Secara Online Berkat Aplikasi Karya Mahasiswa UGM ini

Ilustrasi Β© Pemilik Gambar

Segala hal saat ini telah berorientasi internet. Hampir tidak ada gaya hidup masyrakat, umumnya perkotaan yang tidak terkait dengan internet. Termasuk dalam gaya hidup memelihara hewan. Melihat peluang bahwa dokter hewan masih memiliki celah pemasaran yang luas. Beberapa mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) memutuskan untuk mengembangkan jasa konsultasi dokter hewan online. Inovasi teknologi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat, terutama pemilik hewan peliharaan dalam berkonsultasi dengan para dokter hewan.

“Melalui web dokterhewanku.com ini diharapkan bisa menghubungkan dokter hewan dengan pemilik hewan tanpa batasan ruang dan waktu,” kata CEO teknologi konsultasi dokter hewan online, Muhammad Nury Nuha Naufal.

Naufal sendiri berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan, dirinya bekerja bersama dengan dua anggota tim yakni Ibnu Mahmudin yang saat ini aktif berkuliah di Fakultas Kedokteran Hewan dan Nanang Makfi Mubarok dari Fakultas Teknik. Menurut Naufal, saat ini website dokterhewanku.com dapat diakses melalui laptop maupun ponsel pintar. Disamping itu, semua fitur dalam website dapat diakses secara gratis oleh para pengguna.


“Saat ini terdapat lebih dari 100 pengguna Dokterhewanku.com yang merupakan pemilik hewan kesayangan,” terangnya.

Melalui website ini para pemilik hewan dapat bertanya maupun konsultasi seputar permasalahan yang tengah dihadapi. Pertanyaan-pertanyaan yang masuk akan segera dijawab oleh dokter-dokter hewan yang sedang online.

Adapun dokter hewan yang dapat memberikan konsultasi adalah mereka yang telah bekerja sama dengan dokterhewanku.com dalam layanan jasa online ini. Sejauh ini telah ada 10 dokter hewan yang turut aktif menulis maupun menjadi konsultan di website ini. Mekanisme ini dijalankan agar klien dapat mendapatkan jawaban yang terbaik dari dokter hewan yang kredibel dan berkompeten dibidangnya.

Logo dokterhewanku.com (Foto: facebook.com)
Logo dokterhewanku.com (Foto: facebook.com)

“Pertanyaan yang masuk kadang lucu-lucu. Misalnya ada seorang ibu yang bertanya, kenapa kok kucingnya sering menggeleng-gelengkan kepalanya sendiri?,” ungkap Naufal yang baru dilantik sebagai dokter hewan.

Meski dijalankan secara online mereka tetap dituntut memegang etika medis. Seperti tidak menuliskan atau memberikan resep jenis obat beserta dosisnya kepada pasien atau dalam hal ini pemilik hewan. Sementara untuk kasus-kasus yang membutuhkan tindakan medis, pihaknya langsung memberikan rujukan ke klinik hewan terdekat.

Artikel-artikel seputar kesehatan hewan juga menjadi salah satu konten andalan dokterhewanku.com. Selain bermanfaat untuk menarik perhatian pengguna untuk datang ke situs, artikel tersebut juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi masyarakat umum.

“Hal ini sebagai salah satu upaya mengedukasi pemilik hewan kesayangan terkait cara merawat hewan yang baik dan benar. Jadi besok dokter hewan senjatanya enggak hanya jarum suntik, tapi juga dengan ujung pena ,” kata Ibnu menambahkan.

Saat ini ketiga mahasiswa UGM itu terus berupaya mengembangkan layanan konsultasi dokter hewan online dengan menambahkan fitur baru.

sumber: Republika

Pilih BanggaBangga48%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang31%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau7%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Yufi Eko Firmansyah

Lampung akan Miliki Perpustakan Terbesar di Indonesia Sebelummnya

Lampung akan Miliki Perpustakan Terbesar di Indonesia

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan,  I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project Selanjutnya

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan, I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project

17 Komentar

  • Assalamuualikum dokter saya bingung harus tanya ke siapa lagi.. gini ceritanya.. sapi di rumah terbaring beberapa hari ini fisiknya baik tapi kenapa tidal dapat berdiri ya dok.. mood makannya jga jelek tpi suhu tubub normal.. kaki belakang agak brngkak... untuk obat alaminya kira" apa dok... mohon bantuannya

  • Assalamuualikum dokter saya bingung harus tanya ke siapa lagi.. gini ceritanya.. sapi di rumah terbaring beberapa hari ini fisiknya baik tapi kenapa tidal dapat berdiri ya dok.. mood makannya jga jelek tpi suhu tubub normal.. kaki belakang agak brngkak... untuk obat alaminya kira" apa dok... mohon bantuannya

  • Atika sakinah

    Assalamualaikum dok , saya ada Nemu kucing d pinggiran jalan , kira kira umur si kucing 1 bulanan , kucing yg saya temukan dalam keadaan kurus , mata nya terpejam dan kalau Tdr itu dya mata nya susah d buka ,dan saya kasi susu n makanan itu dya tdk mau dok , tp tiap liat saya dya slalu ingin nempel d badan saya , saya bingung , Krn dya tdk mau mkn n mnum susu jika tdk d paksa buat mnum susu , smntara saya ingin Skali merawat nya , di bantu dok untuk saran dan cara penyembuhan nya

  • Ade kusuma Hermawan

    Assalamualaikum Dok saya mau tanya saya punya burung murai batu hidung nya tersumbat seperti ada sesuatu yg menyumbat itu gimana cara mengatasi nya

  • Serly ana

    Dok saya bingung harus gimana lagi dok... Saya punya kucing nah dia itu salah makan atau gimana gitu kayanya dia makan makanan yg ga saya kasih nahhh udh 4 hari ini dia muntah"terus dok:( udh 4 hari ini juga dia ga makan... Dia jdi kurus dok:(.. Ada solusi buat nyembuhin ga ya?? Saya takut kehilangan dia;(

  • Putri tiani

    Assalamualaikum Kucing sy 2 mnggu yg lalu lahiran,setelah lahiran dia seperti pilek smp tdk nafsu makan,trs tiap pagi sy jemur dan 2hari sekali sy kasih kuning telor+madu+vco skrg sudah sembuh hanya tkadang masi suka bersin sesekali...kemudian bbrapa hari yg lalu anak2nya mulai terkena penyakit dgn gejala tdk mau nenen,ketika meong yg keluar suara grok2 lama kelamaan mulutnya berair stlh itu di sekitar mulut membiru,perut bengkak dan jadi seperti lumpuh kemudian mati...kira2 itu penyakit apa ya dok?trs ini kitten sy tinggal 1 kondisi sehat.apakah bs tertular penyakit sodara2nya itu?dan bagaimana penanganannya biar tdk mengalami nasib yg sama sprti sodaranya?

  • Venyta Septiana

    Please help me😭 Kucing saya 3 atau 4hari yang lalu berantem ama kucing lain, dan baru sadar kemarin dipunggungnya ada benjolan, dan barusan pecahh keluar nanah dan darah itu kenapa? Terus penanganannya gimana ya? Tolong pisaaan terimakasih

  • Budi Setyawan

    Mau tanya dok kucing saya jantan kok kencingnya air sama ada darahnya itu knapa??

  • Machykay

    Dok saya mau tanya, kucing saya kenapa tidak ada suara nya yaa n kenapa bulu nya rontokkn ...

  • Feti

    Assalamualaikum gimana dok udah 3 hari ini kucing saya nafasnya kencang ,ngak seperti biasanya kenapa yaa , 😒

  • Putri Cantigi

    Puppys sy kencingnya warna kuning ke merah2an dan tidak mau makan.. usianya baru 50hari sedangkan indukannya hilang entah kemana tidak pulang2 sudah 5 hari dari semenjak sy post tulisan ini? Obat apa yv harus sy berikan kepada puppys sy yg mulai lemah..

  • Silvia septiana

    Selamat malem dok . Dok sdh 5 hariini kucing saya mencret . Dan hari minggu soreh kucing saya mencret keluar cacing banyak . Trus hariini kucing saya mencret kluar darah dok 😭😭😭 saya bingungbngatasinnya dok

  • Joo

    Tolong dibantu segera. Anak anjing 5 ekor 1 td pagi meninggal. 4 masih sakit usia 3minggu 3 hari. Kena parvovirus atau distemper Sudah di suntik 1x obat+vitamin. sama dokter hewan. Tp karena keterbatasan obat. Kami di desa. Dokter hewannya dri dinas peternakan. Obat apa yg bisa saya berikan buat anak anjing saya? Walo anak anjing jenis anjing kampung tp saya sayang dan kasihan mereka keskitan meraung kesakitan dari malam... Please. Obat manusia apa yg bisa saya berikan ke baby anjing ini.... Mohon masukannya

  • teresa agnez

    selamat mlm dok, saya punya anak anjing bru 2bln bru 3hari lalu saya pelihara kemarin pagi2 mencret2 dan munyah serta keluar cacing2 dri hari senin sampai hari selasa siang saya bawa ke klinik hewan dan diberi obt cacing n obt mencret, skrng ini tiap mlm keluar cairan yg bau di anusnya itu knp yah dok, mohon jawabannya trimakasih

  • Alex gunawan

    Slamat pagi,, Maaf sy mau tanya jenis calcium ato obat ap yg dapat mempercepat pertumbuhan Reptile gecko ato tokek gurun. Karna disini saya peternak dan sering kali terjadi kasus mogok makan,crypto,dan pertumbuhan nya sangat lambat. Trimakasih

  • Lisa

    Dokter saya mau tanya, saya punya kucing kecil, jadi gini ceritanya, kakak saya pulang naik motor waktu sampai gerbang gk sengaja bannya ngelindes anak kucing saya, saat digendong diem aja gk kya biasanya berontak klo digendong, dikasih makan gak mau, tapi kaki sama tangannya baik-baik aja, apa organ dalemnya bermasalah ya dok?

  • Anonim

    Dok..... kucing saya tidak sengaja menelan kapas. Itu bahaya atau tidak dok? Lalu apakah akan keluar bersama dengan kotoran?

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.