Setelah beberapa hari yang lalu pariwisata Indonesia meraih 3 gelar pada penghargaan UNWTO yang ke-12 di Madrid, Spanyol, semalam (22/1/2016) Indonesia kembali meraih prestasi dalam ASEAN Travel Award (ASEANTA) and Excellence 2016 yang digelar di Manila, Filipina. Garuda Indonesia, Saung Mang Udjo serta fotografer Indonesia memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden ASEANTA Aileen C Clemente di Hotel Sofitel Manila, Filipina, Jumat (22/1/2016). Menteri Pariwisata Arief Yahya dan menteri ASEAN lainnya hadir dalam acara tersebut.

Best ASEAN Tourism Photo: Agung Parameswara (Niken/detikTravel)

Garuda Indonesia menjadi pemenang kategori Best ASEAN Travel Article. Penghargaan diterima oleh Vice President Asia Region Sentot Mujiono. Artikel yang dimenangkan Garuda yakni The Perfect Wave, Colour Magazine.

Saung Angklung Mang Udjo menjadi pemenang kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort. Penghargaan diterima oleh Direktur Utama Saung Angklung Mang Udjo Taufik Hidayat.

Best ASEAN Cultural Preservation Effort (Niken/detikTravel)

Sedangkan fotografer Agung Parameswara menjadi pemenang kategori Best ASEAN Tourism Photo. Foto tersebut mengambil gambar di Bromo, Jawa Timur. Judul foto Agung yakni Morning in Bromo.

Morning in Bromo (Agung Parameswara/Istimewa)

Dalam award tahun ini ada 6 kategori yang dilombakan yakni:

1. Best ASEAN Travel Article. Pemenangnya yakni Garuda Indonesia.
2. Best ASEAN Tourim Photo: Agung Parameswara
3. Best ASEAN Tourism Marketing and Promotional Campaign: Malaysia
4. Best ASEAN New Tourism Attraction: Singapura
5. Best ASEAN Airline Programme: AirAsia
6. Best ASEAN Cultural Preservation Effort: Saung Angklung Mang Udjo.

ASEANTA Award 2016 merupakan ajang ASEAN Tourism Forum 2016. Acara tahun ini merupakan pergelaran ke-29. Indonesia terakhir pernah memenangkan 2 kategori pada 2012 lalu.

Beragam penghargaan telah diraih pariwisata Indonesia di awal tahun 2016 ini dan semoga pariwisata Indonesia dapat terus maju dan dapat diperhitungkan di kancah internasional. Sekali lagi, selamat!

disadur dari Detik Travel

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu