Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Makin Pintar dengan Sosial Media 'MakinPintar'

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Makin Pintar dengan Sosial Media 'MakinPintar'
Makin Pintar dengan Sosial Media 'MakinPintar'

 Pendidikan di Indonesia terus menunjukkan kemajuan yang positif dan membanggakan. Inovasi terus-menerus diciptakan demi percepatan pemerataan pendidikan. Salah satunya ditunjukkan oleh Universitas Airlangga yang bekerja sama dengan ‘makinpintar.com' dalam pembuatan sebuah situs portal pendidikan.

‘makinpintar.com' adalah portal kolaborasi akademik nasional yang dibuat dalam rangka mempercepat proses kolaborasi pendidikan di Indonesia. Kondisi Indonesia yang terdiri dari tiga belas ribu pulau, terbentang dari ujung Timur perbatasan Papua Nugini hingga pulau Weh di ujung Barat, tentu membuat proses pemerataan pembangunan nasional mengalami hambatan. Efek dari terhambatnya pemerataan pembangunan ini berdampak dalam dunia pendidikan pula. Padahal, keberhasilan pengelolaan sistem pendidikan dengan segala sarana-prasarananya merupakan salah satu tolok-ukur keberhasilan suatu bangsa. Siswa-siswa di kota besar memiliki akses dan fasilitas lebih berkembang daripada sekolah-sekolah di kota kecil atau bahkan di pedesaan. Perbedaan kualitas sekolah-sekolah ini, secara tidak langsung akan menyebabkan kesenjangan kualitas pendidikan bagi para siswanya.

Untuk mempercepat proses pemerataan pendidikan diperlukan sebuah mekanisme yang tepat, salah satu yang cukup efektif membuat sistem pendidikan Indonesia tumbuh merata adalah dengan memanfaatkan sistem kolaborasi menggunakan jalur internet. Dasar pemikiran inilah yang kemudian menjadi cikal-bakal terciptanya ‘makinpintar.com'. 

(salah satu halaman makinpintar.com)

Baca Juga

Melalui format sosial media, ‘makinpintar.com' diharapkan bisa menjadi sarana komunikasi yang mampu menarik pemakai dalam jumlah yang massif, dengan intensitas pemakaian yang panjang. Terciptanya sistem kolaborasi juga akan memungkinkan tersedianya jaringan yang lebih luas serta akses yang kian mudah dan cepat. Misalnya, seorang siswa di Manokwari yang kesulitan mendapat penjelasan tentang Hukum Newton, melalui ‘makinpintar.com' dapat mengakses konten materi tersebut dalam format E-Book atau berupa artikel di ‘makinpintar.com'. Materi ini dapat berupa contoh soal atau bahkan video klip dari seorang siswa berprestasi atau guru dari sekolah unggulan di daerah lain.


 "Situs makinpintar.com ini merupakan awal dari terciptanya kolaborasi dinamis pendidikan antar guru, siswa dan seluruh penggiat pendidikan di Indonesia. Besar harapan kita agar ini bisa menjadi langkah awal untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia", ujar Wakil Rektor 4 Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D.

‘makinpintar.com' nantinya juga akan menyediakan fitur-fitur lengkap dalam berkomunikasi (seperti chatting, video conference, dan fitur lainnya). Sehingga di kemudian hari, sekolah-sekolah yang tergabung dalam ‘makinpintar.com' bisa membuat program-program diskusi interaktif, membentuk ‘sister school', berorganisasi dan bertukar informasi secara cepat dan interaktif, baik berupa konten-konten yang berhubungan dengan kurikulum, maupun konten-konten yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Dengan sistem ini diharapkan dapat terjadi komunikasi yang hangat antar siswa dengan siswa, siswa dengan guru, juga antar guru serta akademisi. Siswa yang ada di seluruh penjuru negeri bisa bekomunikasi dengan guru di kota-kota besar di Indonesia. Demikian juga dengan siswa yang memiliki keterbatasan dalam mengakses bahan ajar, akan dipermudah dengan hadirnya portal komunikasi ‘makinpintar.com'.

Dari sisi ekonomis, ‘makinpintar.com' nantinya juga akan bekerja sama dengan bebrapa pihak untuk menyediakan fasilitas penunjang pendidikan dengan harga murah dan terjangkau. Misalnya, untuk mengantisipasi harga-harga buku penunjang pendidikan yang cukup mahal, ‘makinpintar.com' akan bekerja sama dengan pihak penerbit untuk men-substitusi buku-buku tersebut dengan format E-Book yang harganya lebih terjangkau, dan dapat diakses dengan mudah di Makinpintar.com.

Selain membuat berbagai macam fitur online, ‘makinpintar.com' juga akan mengadakan banyak aktivitas  offline yang diharapkan dapat bersinergi dengan aktifitas online, seperti ‘makinpintar Awards' sebagai penghargaan untuk sekolah, siswa, dan guru favorit. 

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan modern, hadirnya situs ‘makinpintar.com' diharapkan dapat menjadi pemicu semangat belajar dan mengajar dari semua elemen masyarakat Indonesia. Juga sesuai dengan nama situs ini sendiri, seluruh masyarakat Indonesia, tanpa mengenal latar belakang suku, budaya atau agama, maupun letak geografisnya, akan dapat memiliki kesempatan untuk menjadi makin pintar. 

___

by Bagas D Bawono*

*Salah Satu Founder Makinpintar.com 

Email : bagas_db@yahoo.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie