Karya Anak SMA Sumatera Utara Akan Diluncurkan ke Luar Angkasa

Karya Anak SMA Sumatera Utara Akan Diluncurkan ke Luar Angkasa
info gambar utama

Siapa yang menyangka ternyata karya penelitian Putra/i SMA di Indonesia ternyata layak untuk diikutkan dalam penerbangan luar angkasa NASA. Penelitian tersebut merupakan hasil flight test micro laboratorium karya siswa SMA Unggul Del, Sumatera Utara yang diuji di Valley Christian High School (VCHS) bekerja sama dengan NASA, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Facebook SMA Unggul Del, hasil lab bertopik "Microaerobic Fermentation Under Microgravity" yang diuji pada 24-28 Januari 2016 dan akan diluncurkan ke ruang angkasa pada 30 Maret 2016.


Proyek yang dilakukan SMA Unggul Del di San Jose, Amerika Serikat ini merupakan salah satu program International Space Station (ISS) Project. Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara SMA Unggul Del dengan Valley Christian High School (VCHS) dan NASA, di Amerika Serikat.


Program ini mengundang dan menyeleksi sekolah menengah atas dari seluruh dunia untuk meneliti di stasiun ruang angkasa internasional. Tahun ini, penelitian ISS dari sekolah menengah Indonesia yang berhasil lolos uji coba dan akan diluncurkan ke luar angkasa.


"Kegiatan utama ISS Project adalah melakukan penelitian di stasiun ruang angkasa milik NASA. VCHS ditunjuk sebagai sekolah pelaksana kegiatan. Tahapan ISS Project mencakup Workshop Mentor, Penyiapan Dokumen dan Perakitan Microlab, Engineering Test, Flight Test, Launch Microlab ke ISS dan Analisis Data. Intinya proyek penelitian tim ISS dirancang dalam sebuah microlab yang akan dikirim ke ISS melalui roket tanpa awak," demikian dikutip dari laman Facebook SMA Unggul Del.

Program tersebut sudah dilakukan selama 15 kali (15 tahun) ini. Untuk tahun 2016 diikuti oleh 22 tim. Terdapat dua tim dari Indonesia, salah satunya yaitu SMA Unggul Del.

Minggu, 24 Januari, dua orang guru dan dua siswa dari SMA Unggul Del berangkat dari Jakarta menuju NASA di San Jose,...

Posted by Luhut Binsar Pandjaitan on Monday, January 25, 2016
Pada keikutsertaan pertama kali ini tim SMA Unggul Del terdiri dari 10 orang siswa, dua orang mentor (guru), dan satu orang administrator.

Tim ISS SUD telah melampaui beberapa tahapan dan tiba pada tahapan Flight Test. Microlab diuji di VCHS, San Jose, California apakah layak terbang atau tidak.


Sehingga dua orang mentor dan dua orang siswa SMA Unggul Del diutus untuk mengikuti Flight Test Microlab pada 24 - 28 Januari 2016. Dua siswa SMA Unggul Del tersebut masing-masing adalah Gilbert Nadapdap dan Gomos Parulian Manalu.


Maju terus dunia astronomi Indonesia!


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini