5 Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia

5 Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia memang sudah dikenal luas mempunyai banyak gunung api yang masih aktif. Beberapa diantaranya pernah menciptakan sejarah bagi dunia, karena Indonesia terletak pada jalur Cincin Api Pasifik.

Berikut 5 Letusan Gunung Api Terdahsyat di Indonesia :

Gunung Samalas

Gunung ini mungkin terdengar asing ditelinga anda semua. Kenapa begitu? karena gunung ini telah hancur akibat erupsinya sendiri. Dan pengganti dari gunung ini adalah Gunung Rinjani yang pastinya terdengar begitu familiar. Gunung Samalas erupsi pada sekitar tahun 1257. Dan itu memuntahkan sekitar 10 mil kubik batu ke atmosfer.


Gunung Tambora

Gunung yang terletak di Sumbawa ini masuk ke dalam cacatan sejarah sebagai letusan terdahsyat di dunia. Gunung ini meletus pada tahun 1815. Saking hebatnya, letusan gunung ini bisa disamakan dengan ratusan ribu bom atom yang meledak bersama. Korban jiwa akibat ledakan gunung ini sekitar 71.000 orang. Selain Indonesia, beberapa negara di belahan bumi bagian utara sampai tidak mengalami musim panas akibat letusan ini, dan naasnya negara bagian selatan eropa harus diserang wabah typus.


Gunung Merapi

Mbah Maridjan. Ia adalah sosok nyentrik sang juru kunci yang meninggal saat meletusnya gunung ini pada tahun 2010. Wedhus Gembel merupakan fenomena mengerikan yang terjadi setelah gunung merapi meletus. Pada erupsi tahun 2010, korban jiwa akibat letusan gunung merapi ini sekitar 153 orang dan 320.000 warga lainnya harus rela kehilangan tempat tinggalnya.


Gunung Krakatau

Letusan dahsyat gunung ini terjadi pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Ledakan dahsyat dari gunung ini menyebabkan bencana besar di daerah seperti Banten. Tidak sedikit warga yang meninggal karena terkena muntahan material batuan panas. Gelombang Tsunami pun tidak terelakan lagi datangnya. Perubahan iklim dunia terjadi akibat dari erupsi gunung krakatau. Gunung anak krakatau pun lahir tidak lama setelah meletusnya gunung krakatau.


Gunung Kelud

Gunung yang berada di pula jawa ini merupakan gunung yang sangat dihormati oleh kerajaan Majapahit hingga Kediri pada dahulu kala. Gunung Kelud meletus pada tahun 2014, dampak dari itu semua beberapa kota besar di pulau jawa terkena imbasnya. Syukurnya, korban jiwa tergolong sangat sedikit karena sebelumnya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman oleh regu penyelamat bencana alam.


Source : travel.ijomuda.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga7%
Pilih SedihSedih50%
Pilih SenangSenang11%
Pilih Tak PeduliTak Peduli2%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau23%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Indonesia, Negara dengan Tingkat Optimisme Tertinggi di Asia Tenggara Sebelummnya

Indonesia, Negara dengan Tingkat Optimisme Tertinggi di Asia Tenggara

Mengenal Jenis Ikan Cupang Asli Indonesia yang Diburu Kolektor Dunia Selanjutnya

Mengenal Jenis Ikan Cupang Asli Indonesia yang Diburu Kolektor Dunia

Asrari Puadi
@asraripuadi

Asrari Puadi

http://www.asraripuadi.net

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.