Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Jadi Sorotan Dunia,VW Kombi Terpanjang dari Indonesia

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
Jadi Sorotan Dunia,VW Kombi Terpanjang dari Indonesia
Jadi Sorotan Dunia,VW Kombi Terpanjang dari Indonesia

Seorang modifikator bernama Wahyu Pamungkas dari Semarang sukses menciptakan 'limousine' dari basis minibus VW Kombi. Kendaraan dengan panjang mencapai 7,6 meter ini dikatakan sebagai Kombi terpanjang di dunia.

Buah kreativitas dari Wahyu Pamungkas ini berhasil menyita media internasional asal Inggris, Dailymail. Media ini menyoroti keberhasilan Wahyu yang sukses membangkitkan kembali minibus tua ikon kalangan hippies dalam wujud yang menakjubkan. Menurut Dailymail, panjang VW Kombi ciptaan modifikator berusia 30 tahun tersebut mencapai tiga kali lipat dari mobil mungil Smart yang hanya 2,6 meter.

Minibus dengan nama asli Volkswagen Type 2 ini sanggup mengakomodasi 20 penumpang. Untuk membangun VW Kombi terpanjang ini, Wahyu dibantu dengan 30 orang karyawan di bengkelnya dengan waktu lebih dari setahun.

Baca Juga
( VW Terpanjang di Dunia, Foto : Barcroft Media )

Adapun VW Kombi terpanjang ini dibangun dengan memanfaatkan dua sasis menjadi satu. Lebih lanjut, Wahyu juga melakukan engine swap atau menukar mesin bawaan dengan kapasitas 1,5 liter menjadi 2,0 liter sehingga mampu mengatasi bobot kendaraan yang kian berat.

Selain itu, as roda belakang bertambah satu menyesuaikan dimensi kendaraan. Dijelaskan, biaya modifikasi yang dilakukan oleh pria fanatik VW ini mencapai lebih dari 20 ribu pound sterling atau Rp 400 jutaan.

VW Kombi sepanjang 7,6 meter ini bukanlah yang pertama diciptakan oleh Wahyu. Pada 2009 ia pernah menciptakan VW Kombi sepanjang 6,9 meter. Mobil ini kemudian dijual ke Australia seharga 11.200 pound sterling atau sekira Rp 222,64 jutaan.

Sebagai informasi, VW mulai memproduksi Type 2 pada 1950-an. Minibus ini akhirnya berhenti produksi pada 2013 lalu karena masalah keselamatan, dimana Kombi belum didukung airbag dan antilock braking system. Brazil merupakan negara yang memproduksi generasi terakhir Kombi atau Type 2.

Source : Liputan6

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Pejalan Kemana Saja. Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara