Lupa Sandi?

6 Aplikasi Buatan Anak Indonesia yang Mendunia

Imama Lavi Insani
Imama Lavi Insani
0 Komentar
6 Aplikasi Buatan Anak Indonesia yang Mendunia

Dunia teknologi informasi berupa software berkembang pesat tiap harinya. Salah satu teknologi tersebut adalah perangkat lunak mobile. Di ujung dunia bagian A baru dikenalkan dengan salah satu teknologi tertentu namun di ujung dunia yang lain teknologi tersebut sudah tidak dipakai dan ditinggalkan, itulah keadaan teknologi di dunia saat ini.

Lalu bagaimana dengan dunia teknologi informasi di Indonesia khususnya perangkat lunak berbasis mobile? Jangan salah, di bawah ini ada 6 aplikasi mobile buatan anak negeri yang telah mendunia.

1. Icon Pop Quiz

Salah satu perusahaan dalam negeri, Alegrium, membuktikan bahwa Indonesia pun sebenarnya bisa bersaing dengan luar negeri di bidang Teknologi Informasi. Dengan berprinsip pada “kebahagiaan” perusahaan ini membuat games multi platform pada smartphone. Icon Pop adalah salah satu produknya.

Baca Juga

Game Icon Pop ini sebenarnya cukup mudah untuk dimainkan, cukup menebak apa nama icon yang muncul bisa dari nama orang, film, brand, ataupun karakter imajinatif. Ketika berhasil menebaknya kita akan mendapatkan poin yang akan diakumulasi sampai pertanyaan terakhir yang bisa kita jawab.

Game ini pernah menjadi salah satu aplikasi “Top Free”dan pernah menduduki peringkat pertama di beberapa negara misalnya Inggris, Australia, Kanada, Filipina, dan Indonesia.

2. Picmix

Fenomena berfoto dan selfie adalah salah satu kegiatan yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Dengan semakin pintarnya mobile phone kita dan difasilitasi dengan fitur kamera yang begitu canggih membuat siapapun ketagihan berfoto dan tak jarang pengguna memberikan filter dan efek-efek tertentu pada hasil foto agar konon memberikan hasil gambar yang “kekinian”. 

Indonesia patut berbangga karena salah satu karya anak bangsa berupa editor foto bernama Picmix mampu bersaing dengan aplikasi editor foto di dunia. Picmix sangat mudah digunakan dan salah satu fitur unggulannya adalah dapat langsung dibagikan langsung pada jejaring sosial. Selain itu terdapat fitur filter dan frame.

3. Catfiz

Begitu banyak aplikasi instant messenger yang terpasang pada smartphone kita, mulai dari buatan Amerika, Kanada, China, Korea Selatan dan lain-lain. Putra – putri di Indonesia pun tidak mau kalah. Beberapa alumni dari salah satu Institut Teknologi di Surabaya pun mempunyai ide untuk mengembangkan aplikasi instant messenger bernama Catfiz. Nama Catfiz terinspirasi dari Lele “ Catfish” harapannya agar binatang yang gampang dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi di semua tempat di Indonesia dan ia bersama tim berharap dapat mengembangkan aplikasi ini dengan mudah.

Saat ini tercatat sekitar 6,5 juta pengguna dengan 3,5 juta pengguna aktif. Untuk perbandingan pengguna berkisar antara 50:50 dari pengguna Indonesia dan luar Indonesia.

4. Scoop

Scoop merupakan aplikasi e-reading yang membuat pengguna dapat mengunduh dan membaca majalah,buku dan koran secara gratis maupun berbayar di Indonesia , Malaysia dan Singapura pada perangkat smartphone atau tablet. Aplikasi ini dapat diunduh melalui perangkat android, iPad, iPhone dan Windows Phone. Tersedia pula versi web dari aplikasi ini pada getscoop.com .

5. Save the hamster

Mahasiswa dari Indonesia pun tak mau kalah dengan developer senior diatas mereka. 3 mahasiswa yang berasal dari Universitas Trunojoyo pun membuktikan hal tersebut hingga akhirnya mereka berhasil memenangkan juara kedua kategori game pada Imagine Cup 2013 yang diselenggarakan di Rusia.

Game ini sangat cocok bagi anak – anak yang sedang belajar menghitung karena pada tiap levelnya ada soal-soal operasi matematika dasar seperti penjumlahan dan pengurangan yang harus diselesaikan. Namun, selain anak-anak orang dewasa pun juga dapat memainkan permainan ini karena selain belajar matematika aplikasi ini juga mengajarkan penggunanya untuk mencari strategi terbaik untuk mencapai tujuan.

6. Infinite sky

Infinite Sky adalah game yang menampilkan pesawat tempur dengan tampilan grafis 3D. Game ini tersedia untuk perangkat iPhone dan Android. Seperti namanya, Infinite Sky  yang berarti langit tanpa batas menampilkan aksi terbang tanpa henti. Selama pesawat belum hancur, pemain bisa terus menerbangkannya.

Beberapa waktu yang lalu Infinite Sky berhasil menduduki 10 besar aplikasi paling banyak diunduh di Apple App Store. Dan tercatat pernah menduduki di posisi 9, Top 10 Apps (semua katgeori) di Amerika Serikat dan di Inggris pernah menempati posisi ke 5.

Masih ragu dengan kemampuan anak negeri? Coba pikirkan lagi karena 6 aplikasi di atas adalah salah satu bukti dedikasi anak negeri di bidang Teknologi Informasi yang telah diakui oleh dunia. 

Pilih BanggaBangga59%
Pilih SedihSedih12%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi12%
Pilih TerpukauTerpukau12%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IMAMA LAVI INSANI

Hidup sederhana yang penting bermanfaat :D

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas