Kondisi cuaca yang tidak menentu mengharuskan kita untuk lebih sering melihat prakiraan cuaca beberapa hari kedepan. Namun permasalahannya adalah sering kali prediksi kondisi cuaca di setiap daerah masih bergantung pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat dan informasinya cenderung sulit untuk diketahui. Nah, kabar baiknya adalah untuk mengatasi keterbatasan tersebut, kini terdapat aplikasi informasi cuaca asli buatan Indonesia yang dapat digunakan secara luas oleh masyarakat. 


Aplikasi tersebut bernama "Informasi Cuaca BMKG", sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh BMKG yang mampu memberikan informasi cuaca di Indonesia yang relatif akurat bahkan hingga ke tingkat kecamatan.


"Masyarakat ingin mendapatkan informasi cuaca secara sederhana, mudah, real time, terpercaya dan akurat. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan informasi sebagai sikap kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana alam yang ditimbulkan dari faktor cuaca," jelas Kepala Biro Humas BMKG Wahyu Adji seperti dikutip dari detik.com (03/01/2016)


Cuaca BMKG ini dapat digunakan pada ponsel pintar berbasis sistem operasi Android 4.0 ke atas. Menurut Wahyu, aplikasi ini akan secara berkelanjutan dikembangkan, karena saat ini belum ada di Apple store.



Secara umum ada dua jenis informasi cuaca yang tersedia di aplikasi ini, yaitu prakiraan cuaca Indonesia dan peringatan dini cuaca buruk di Indonesia. Informasi prakiraan cuaca tersedia untuk lebih dari 300 lokasi di Indonesia dan memiliki jangkauan prakiraan hingga 3 hari ke depan dengan empat periode prakiraan (pagi, siang, malam dan dini hari).


Sementara untuk informasi peringatan dini berbentuk peta dengan kode warna yang mengindikasikan tingkat bahaya dari cuaca buruk. Detail aplikasi ini bisa mendapatkan informasi peringatan bencana hingga tingkat kecamatan.


Wahyu menjelaskan bahwa aplikasi Informasi Cuaca BMKG ini merupakan sebuah upaya memenuhi kewajiban amanat undang-undang BMKG untuk menyediakan informasi cuaca, iklim dan gempa bumi secara cepat. Informasi yang disebarkan diharuskan memiliki jangkauan yang luas dan tepat sasaran. Serta memiliki akurasi yang dapat dipertanggung jawabkan sehingga mudah untuk dipahami. Sehingga mampu untuk mendukung upaya-upaya keselamatan jiwa dan harta benda.


Selain meluncurkan aplikasi Informasi Cuaca BMKG, dalam kesempatan yang sama BMKG juga meluncurkan aplikasi Informasi kualitas Udara yang juga tersedia di Play Store.


sumber: Detik.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu