Mahasiswa UNNES Juara Wushu Dunia

Mahasiswa UNNES Juara Wushu Dunia
info gambar utama

Nama Indonesia kembali harum di kancah dunia berkat prestasi anak bangsa. Dalam Kejuaraan Dunia Wushu 2015, mahasiswa Indonesia berhasil menjadi juara.

Adalah Yusuf Widiyanto, mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang meraih medali emas dari nomor sanda (tarung). Dia menang dengan skor 2-1 atas atlet asal Vietnam, Van Bau To.

Kejuaraan yang tahun lalu diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, tersebut sangat berkesan bagi Yusuf. Pasalnya, ini menjadi kali pertamanya terjun di level senior. Sebelumnya, atlet asal Jawa Tengah itu pernah menyabet medali perunggu di kejuaraan dunia level junior di Makau.

“Terus terang saya tidak menyangka bisa meraih emas. Apalagi ini pertama kali saya main di level senior,” ucap atlet kelahiran Semarang, 20 Mei 1994.

"Karena kejuaraan ini digelar di Indonesia, saya sudah bertekad tampil maksimal. Sebenarnya hasil ini tidak ditargetkan, yang penting saya main lepas dan berjuang maksimal," ucapnya sebagaimana dilansir melalui laman Unnes, Selasa (24/11/2015).

Meski sukses tampil sebagai pemenang, Yusuf sempat ketinggalan poin pada ronde pertama. Untung saja, atlet berusia 21 tahun itu segera mengoreksi penampilannya dengan memperbanyak tendangan, sehingga bisa berbalik unggul dari lawan.

"Pada ronde kedua, stamina lawan menurun. Dukungan suporter juga membuat saya semakin termotivasi," tuturnya.

Yusuf mengungkapkan, kunci untuk mencapai kemenangan adalah dengan latihan rutin. Selain itu, dia juga tidak merasa down meskipun sebelumnya atlet Indonesia mengalami kekalahan di final.

“Medali ini saya persembahkan untuk Unnes dan Jawa Tengah, dan tentunya untuk Indonesia. Target saya, khusus di Asian Games, hanya berusaha maksimal dengan berkerja keras. Semoga prestasi ini juga bisa memotivasi atlet junior agar Indonesia terus berprestasi,” imbuhnya.

Setelah pertandingan kejuaraan dunia, Yusuf masih harus berjuang bersama kontingen Jawa Tengah di ajang PON 2016. Selanjutnya, pria yang sudah menekuni olahraga wushu sejak di bangku sekolah dasar ini, akan membela Indonesia di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Semoga prestasi Yusuf bisa di ikuti oleh atlet-atlet indonesia lainnya. Indonesia bisa.




Sumber : okezone.com, kabarkampus.com, unnes.ac.id
Sumber Gambar :dok.unnes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini