Kesultanan Ternate, Maluku Utara telah mendapatkan kepastian terkait kunjungan putri Raja Thailand  yang akan menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. 

Jogugu atau perdana menteri Kesultanan Ternate, H Zulkiram , menjelaskan Duta Besar Thailand untuk Indonesia sudah dua kali berkunjung ke Keraton Kesultanan Ternate untuk memastikan kedatangan sang putri. 

Ternate di Pagi Hari | foto : Maestrobali.com



“Dubes sendiri yang datang ke Ternate dua kali, ada juga tim dari Dubes yang memantau kondisi kesultanan,” kata Zulkiram. 

Pihak kesultanan yang diwakili Tulilamo atau sekretaris kesultanan telah menyampaikan tahapan pelaksanaan penyambutan sang putri. 

“Kedatangan putri Raja Thailand, kami sudah koordinasikan dengan pihak pemerintah Kota Ternate, dan dari kesultanan diwakili Tulilamo telah berkunjung ke Kedubes Thailand untuk sampaikan tahapan pelaksanaan,” tambah Zulkiram. 

Putri raja Thailand akan disambut dengan tradisi adat mulai dari upacara ‘Joko Kaha’ atau injak tanah hingga saat berada dalam keraton saat tiba di Ternate. 

“Kedatangan putri raja ke Ternate dalam rangka melihat Gerhana Matahari total. Terkait kedatangan pihak kesultanan akan menjamunya secara adat, mulai dari ‘Joko Kaha’ hingga makan bersama dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate,” kata Zulkiram.

Kompas.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu