Kreasi Anak SMK, Kini Motor Bisa Dinyalakan Dengan Sidik Jari

Kreasi Anak SMK, Kini Motor Bisa Dinyalakan Dengan Sidik Jari
info gambar utama

Kendaraan bermotor saat ini telah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Utamanya roda dua yang memiliki mobilitas tinggi dan dinilai lebih murah dari segi biaya, moda transportasi ini sangat populer bagi segala lapisan masyarakat. Namun meningkatnya penggunaan kendaraan roda dua juga dibarengi dengan meningkatnya tingkat pencurian kendaraan bermotor atau ranmor. Sehingga kewaspadaan harus tetap ditingkatkan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas tersebut.

Melihat fakta bahwa umumnya sistem pengamanan konvensional ternyata tidak cukup efektif untuk mencegah ranmor. Sekelompok siswa SMK 8 Bandung pun berusaha menciptakan sebuah sistem pengamanan kendaraan bermotor yang lebih canggih, yakni dengan sistem sidik jari. Mereka berusah menciptakan sistem keamanan yang bersifat personal dan efektif. Alat ini diimplementasikan pada motor roda dua.

Menurut penuturan Agus Purwanto, Pengajar dan juga sebagai Ketua Paket Keahlian Sepeda Motor SMK 8 Bandung, menjelaskan bahwa alat tersebut telah selesai dan bisa digunakan.

"Perlu waktu sekitar 3-6 bulan untuk mengembangkan ini. Kalau saat ini sudah jadi dan sudah bisa dipakai," terang Agus pada seperti dikutip dari Metrotvnews.com, Kamis (18/02/2016)

Sistemnya yang rumit namun memerlukan komponen yang sederhana membuat pemasangan alat ini hanya membutuhkan waktu sebentar untuk pemasangan pada sepeda motor. Waktu yang dibutuhkan kira-kira hanya sekitar satu hingga dua jam.

Penggunaan sistem pengamanan tersebut terbilang cukup mudah, yakni pemilik motor hanya butuh menempelkan jempol dua kali. Pertama untuk perekaman biometrik, yang kedua adalah untuk menghidupkan mesin. Setelah perekaman dilakukan, pengguna tidak lagi perlu merekam ulang sidik jarinya. Sehingga hanya perlu sekali saja menempelkan sidik jarinya untuk menyalakan mesin Motor. Mesin tidak bisa menyala apabila ada orang selain pemilik sidik jari yang telah terekam sebelumnya mencoba menghidupkan motor.

Sistem Sidik Jari (Foto: metrotvnews.com)
info gambar

"Pemilik hanya menempelkan jari kemudian direkam, dan untuk menyalakan kendaraan tinggal menempelkan jarinya lagi," jelas Agung.

Kreasi ini tentu menunjukkan bahwa untuk menciptakan sistem kendaraan khususnya dalam hal keamanan, tidak melulu dikuasai oleh pabrikan besar. Apalagi perusahaan luar negeri.

"Tidak hanya orang luar negeri yang bisa buat, kami juga bisa,” ujar Agung


Sumber : MetroTv News
Sumber Gambar Featured : Ekawan Raharja / MetroTvNews

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BR
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini