Menanti Sang Garuda dan Istana Presiden Di Center Point Of Indonesia

Menanti Sang Garuda dan Istana Presiden Di Center Point Of Indonesia
info gambar utama

Indonesia tengah berupaya meratakan pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia utamanya di kawasan Indonesia Timur. Hal ini penting untuk menstimulasi, mempercepat peningkatan perekonomian, pembangunan kawasan, dan juga mendekonsentrasi pusat bisnis dan keuangan ke Kawasan Timur Indonesia.

Adalah Makassar, kota yang tahun lalu mengalami pertumbuhan ekonomi hampir 9 persen, akan di jadikan gerbang Indonesia melalui mega proyek bertajuk 'Center Point Of Indonesia'. Mega proyek ini akan digarap oleh Imperium bisnis Ciputra Group melalui anak usaha PT Ciputra Surya Tbk., bekerjasama dengan PT Yasmin Bumi Asri, membentuk joint operation (JO) Ciputra Yasmin.

Menurut Direktur PT Yasmin Bumi Asri, Adityawarman M Kouwagam, CPI nantinya akan menjadi ikon Kota Makassar. Pembangunannya saat ini sudah sesuai jadwal. Hal ini ditandai dengan sejumlah pekerjaan konstruksi dan reklamasi yang telah dan sedang dikerjakan.

Jika dilihat dari angkasa nantinya CPI akan membentuk simbol burung Garuda raksasa di tengah laut. Simbol burung Garuda raksasa dalam rancangan induk (master plan) diadopsi sebagai representasi kesiapan Makassar untuk tinggal landas sebagai hub bisnis, industri, dan jasa dengan segala potensi yang dimilikinya, sehingga menjadi kekuatan kedua setelah ibu kota, Jakarta di barat Indonesia.

Penanggung Jawab Kawasan CPI Soeprapto Budisantoso menjelaskan, proyek CPI sendiri merupakan bagian dari rancangan induk Kawasan Bisnis Global Terpadu seluas 1.000 hektar.

Dilansir dari data yang dihimpun properti.kompas.com, nantinya dari total 157 hektar kawasan CPI , 30 persennya atau 50 hektar akan didedikasikan untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan. Di lahan 50 hektar milik Pemprov tersebut akan dibangun beberapa obyek penting seperti, Wisma Negara, Masjid, Museum, Ruang Terbuka Hijau, Menara, Coral Center, Kawasan Bisnis.

Sedangkan di wilayah seluas 107 hektar akan dikembangkan menjadi kota modern baru terintegrasi yakni CitraLand City Losari Makassar yang terdiri dari area permukiman dan area komersial (pusat belanja, hotel bintang lima, apartemen, perkantoran, dan lain-lain). Selain itu akan ada juga perguruan tinggi, taman rekriasi, taman lingkungan dan marina. Sedangkan sebagai urat nadi transportasi akan dibangun Parade Street dan Parade Waterway, Marinas, New Losari Longbeach dan Losari Integrated Canal.

Semoga ketika proyek ini telah menampakkan wujudnya, tidak hanya masyarakat kota Makassar saja yang akan merasakan dampaknya. Tetapi rakyat kawasan indonesia timur juga akan punya rasa kebanggaan memiliki ikon kota modern yang dapat disejajarkan dengan keberhasilan kota-kota hasil reklamasi dinegara lain.


Sumber : properti.kompas.com, kabarmakassar.com, rakyatku.com
Sumber Gambar :
dokumentasi ciputra surya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini