Menanggapi keluhan masyarakat terkait jalan rusak di Sidoarjo, pemerintah kabupaten tersebut, bekerjasama dengan Microsoft, mengembangkan  program aplikasi M-BONK, aplikasi program pembenahan infrastruktur jalan.  

Masyarakat bisa memberikan masukan maupun menginformasikan kondisi jalan kepada pemerintah. Jika ada jalan rusak, diinformasikan secara langsung dan kerusakan segera ditangani pemerintah. Selama ini, keluhan masyarakat soal kerusakan jalan di kabupaten di selatan Surabaya tersebut, kerap kali dilontarkan di media massa, media sosial, bahkan kadang langsung di infokan kepada kepala daerah. Dari seluruh laporan itu, memang respon masih belum cepat. Untuk itu, dengan memanfaatkan teknologi, maka respon perbaikan jalan diharapkan akan bisa maksimal.

Mahasiswa Mencoba Aplikasi M-bonk | foto Antara

M-Bonk (dari kata Embong yang dalam bahasa Jawa Timur berarti "jalan") merupakan aplikasi gratis yang digunakan pada telepon pintar berbasis Windows, iOS, maupun Android. Aplikasi itu didukung sistem Office 365 dan CRM online. Melalui M-Bonk, masyarakat dapat memotret dan melaporkan lokasi jalan yang rusak. Laporan tersebut nantinya diterima Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sidoarjo untuk segera ditindaklanjuti. Tak hanya itu, warga yang melaporkan juga akan menerima pemberitahuan jika jalan tersebut sudah selesai diperbaiki.

M-bonk | foto Antara

Berdasarkan data 2015, dari total 1.001 kilometer panjang jalan di wilayah Kabupaten Sidoarjo, 60 persen di antaranya dalam kondisi rusak. Aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat respon pemerintah memperbaiki jalan, sekaligus menempatkan skala prioritas jalan mana saja yang paling urgent untuk diperbaiki. 

(Dari berbagai sumber)


Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu