Desainer-Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia

Desainer-Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
info gambar utama

Sebagai negeri dengan latar belakang budaya dan kesenian yang sangat kaya dan beragam, Indonesia melahirkan para perancang-perancang busana dengan karya yang luar biasa. Seni dan budaya bangsanya menginspirasi karya karya mereka yang diakui oleh dunia. Beberapa diantaranya:

Harry Halim

Harry Halim

Ciri dari karya Harry Halim adalah perpaduan keindahan yang elegan dan berani. Salah satu koleksinya bernama "Vena" yang terinspirasi dari urat-urat nadi manusia dituangkannya dalam balutan busana yang didominasi warna merah dan hitam.

Dian Pelangi

Dian Pelangi

Fashion Designer yang berfokus pada busana muslim (hijab/ jilbab / kaftan) dengan sentuhan modern pernah masuk dalam 500 orang paling berpengaruh di dunia fashion versi Business of Fashion magazine. Dian bahkan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Farah Angsana

Farah Angsana

Farah Angsana adalah perancang busana asal Indonesia yang pertama kali mementaskan karya-karyanya di Haute Coutre Fashion Week(Pekan Adibusana) berbagai pusat mode dunia.

Tex Saverio

Tex Saverio

Karyanya tak hanya mengharumkan industri mode Indonesia, tapi juga membanggakan saat namanya dikaitkan dengan nama-nama selebriti internasional yang pernah mengenakan rancangannya. Sebut saja Lady Gaga (di majalah Harper’s Bazaar), lalu Kim Kardashian (di majalah Elle), selanjutnya Jennifer Lawrence di film layar lebar The Hunger Games: Catching Fire berupa gaun putih dengan perhiasan kristal Swarovski dan korset organza yang memukau dan Ayumi Hamasaki dalam video klip musiknya yang terbaru.

Yosep Sinudarsono

Yosep Sinudarsono

Dua gaunnya menjadi pilihan dua selebriti Malin Akerman dan Terri Seymourpada panggung Golden Globe Awards 2015.

Peggy Hartanto

Peggy Hartanto

Ia pernah menyabet juara pertama kategori anyaman di Penghargaan Fesyen Wol Australia dan pernah dianugerahi 'Asian New Generation Fashion Designer Award' oleh sebuah majalah mode di Indonesia pada tahun 2013.

Arantxa Adi

Arantxa Adi

Arantxa Adi yang menjadi satu-satunya perancang yang ikut mendesain jins merek internasional, Citizens of Humanity.

Ardistia Dwiasri

Ardistia Dwiasri

Ardistia menjadi pemenang Biore/Gen Art Fashion Award pada bulan Oktober 2007. Ia juga diprofilkan di WWD pada bulan April 2007 untuk kategori “New Designer to Watch”. Ia meraih prestasi lagi pada tahun 2007, yaitu masuk nominasi Ready to Wear dari Gen Art Styles.

Didit Hediprasetyo

Didit Hediprasetyo

Ia perancang desain interior dan eksterior BMW Individual 7 Series yang diluncurkan pada 2012 dan hanya diproduksi lima unit untuk seluruh dunia dengan harga yang hanya diketahui para pemesannya. Banyak artis dan selebritis terkenal yang suka dengan karya Didiet, seperti Anggun, Dian Sastro, sampai Carly Rae Jepsen.

Sherly Hartono

Sherly Hartono

Perancang jaket bergambar mie ayam, petai, dan uang Rp.50000. Joe Jonas.

Biyan Wanaatmadja

Biyan Wanaatmadja

Busana rancangannya pernah membaluti tubuh aktris Kelly Rutherford dalam sebuah adegan "Gossip Girl", sebuah serial tv terkenal di Amerika yang mengisahkan kehidupan remaja Upper East Side, sebuah kawasan elite New York City.

Rafi Ridwan

Rafi Ridwan

Tyra Banks pernah terbang ke Indonesia khusus untuk menggelar pemotretan bagi koleksi Rafi yang kemudian dia gunakan di acaranya, America's Next Top Model.

Diana M Putri

Diana M Putri

Ia berhasil memperoleh penghargaan The Best Designer Award untuk koleksi baju Spring 2016 melalui 10 karyanya pada acara New York Couture Fashion Week 2015 yang mengangkat tema "Garuda".

Nusjirwan Tirtaamidjaja atau Iwan Tirta

Nusjirwan Tirtaamidjaja atau Iwan Tirta

Batik rancangan beliau ini sering dikenakan oleh Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan yang terkenal memperjuangkan anti-apartheid. Nelson Mandela sering mengenakan batik Indonesia batik pada acara-acara formal, bahkan saat mengunjungi Indonesia pada 1997.

Selain Nelson Mandela ada beberapa nama lain seperti Ronald Reagan, dan Bill Clinton. Iwan Tirta juga pernah diminta mendesain busana batik untuk George W. Bush dan istrinya.

Sumber : berbagai sumber
Sumber Gambar : messmag.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini