Indonesia merupakan satu-satunya negara dengan daratan yang dapat melihat atau menyaksikan Gerakan Matahari Total. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat promosi daerah yang dilintasi sebab diperkirakan 10 ribu turis akan datang untuk menyaksikannya sedangkan untuk wisatawan domestik diprediksi sekitar 20 ribu lebih.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah menghimbau dengan mengirimkan surat kepada daerah yang dilintasi oleh Gerhana Matahari Total yaitu sebanyak 12 Provinsi diantaranya Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Di antara 12 provinsi tersebut Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai ada tiga provinsi yang paling serius menggelar rangkaian acara untuk menghibur wisatawan domestik dan mancanegara. Tiga daerah tersebut ialah Palu, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. 

Tiga provinsi tersebut sudah menyiapkan suguhan menarik bagi wisatawan seperti pagelaran musik hingga event budaya.

"Di Palu nanti ada konser Slank dan 3.000 scientist dari Jepang. Sumatera Selatan dan Babel juga banyak acara," tutur Arief. 


Sumber:  travel.detik.com

Sumber Gambar: www.astromediashop.co.uk 


Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu