Akhirnya Internet Mendarat Di Labansari

Akhirnya Internet Mendarat Di Labansari
info gambar utama
Desa Labansari secara resmi memiliki fasilitas internet publik setelah Gubuk Internet resmi beroperasi pada Jumat (26/2). Meskipun berjarak 30 menit dari kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, Desa Labansari masih awam dalam penggunaan internet.
Hal ini mendorong kelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi President University untuk melakukan kampanye literasi media bertajuk 'Peduli Internet Rakyat (PINTAR)' sekaligus membangun rumah internet di Desa Labansari, Cikarang Timur, Bekasi.
Kampanye PINTAR diinisiasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan pendidikan di Desa Labansari.
"Tim PINTAR menyadari bahwa edukasi saja tidak cukup, kemudahan akses internet juga sangatlah penting. Karenanya, setelah kami memberi pelatihan dan penyuluhan internet, kami membangun Gubuk Internet agar Desa Labansari yang hanya berjarak 30 menit dari kawasan industri terbesar di Asia Tenggara dapat berkembang dan tidak tertinggal, ujar Pheseline Felim, Ketua Program PINTAR.
Sejalan dengan hal itu, Dindin Dimyati yang ditemui dalam acara tersebut juga mengatakan dirinya sangat berharap keberadaan Gubuk Internet akan membawa perubahan positif bagi Desa Labansari.
"Mudah-mudahan taraf hidup warga Desa Labansari pun akan meningkat," tambahnya.
Dengan diresmikannya Gubuk Internet ini, masyarakat Desa Labansari dapat mengakses internet secara gratis selama satu tahun melalui lima perangkat komputer hasil donasi para sponsor dan donatur, di ruangan yang dahulunya merupakan bangunan Kantor PKK.
Neng Atikah, Bendahara Desa Labansari yang ditunjuk sebagai Ketua Pengelola Gubuk Internet mengatakan bahwa warga sekarang bisa dengan mudah belajar komputer dan internet.
"Sebelumnya di sini tidak ada warung internet. Apalagi ini gratis, mudah-mudahan dapat menambah wawasan semua warga," ujar Neng.
Kegiatan kampanye literasi media PINTAR dibuka pada 21 Februari 2016 dengan berbagai lomba dan hiburan untuk menarik antusias warga. Rangkaian kegiatan pelatihan dan penyuluhan internet mulai berjalan pada tanggal 23-26 Februari 2016 dengan materi dan target masyarakat yang berbeda-beda. Selain membangun rumah internet, Tim PINTAR juga mengadakan berbagai lomba dan pembagian doorprize untuk masyarakat Desa Labansari sebagai penutup kegiatan.


Sumber : com.president.ac.id
Sumber Gambar : Dok PINTAR

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini