Juara Satu, Kampus di Indonesia ini Dilirik Vodafone

Juara Satu, Kampus di Indonesia ini Dilirik Vodafone
info gambar utama

Kembali, putera-puteri Indonesia mengukir prestasi di kancah global. Kini, mahasiswa-mahasiswi dan dosen Telkom University (Tel-U) menunjukkan kepiawaiannya menjadi salah satu yang terbaik dalam ajang bergengsi Global Mobile Innovators Tournament 2016 di Barcelona, Spanyol.

Ajang ini diselenggarakan oleh IBM 4YFN (4 Years From Now), AT&T, KPN, Rogers Communications, and Vodafone di Fira Montjouic. Setelah bertarung dengan sembilan tim dari berbagai negara pada tahap semifinal, dua tim Tel-U Brainstat Studio yang mengusung konsep Transportation Safety dan tim Hoome yang mengusung konsep Smart Home berhasil lolos ke Barcelona hingga akhirnya berhasil menyisihkan empat finalis lainnya pada puncak acara.

The Global Mobile Innovators Tournament
info gambar

Kedua tim tersebut terdiri dari tiga mahasiswa program studi Informatika, satu mahasiswa Teknik Elektro, satu dosen Informatika, dan satu dosen Fakultas Ilmu Terapan Tel-U.

Perjuangan mereka membuahkan hasil yang manis. Akhirnya Tim Brainstat Studio berhasil menjadi juara pertama pada kategori Connected Travel & Transportation, dan Tim Hoome berhasil menjadi Best Innovation pada kategori Smart Homes and Buildings.

Juara Satu! (foto dok.Telkom U)
Juara Satu! (foto dok.Telkom U)

Penghargaan yang sangat bergengsi, mengingat keunikan hasil karya kedua tim dengan kategori yang berbeda.

"Tim Brainstat Studio mampu memonitor kondisi driver, apakah lelah atau mengantuk, guna mencegah terjadinya kecelakaan. Sedangkan Tim Hoome melibatkan Internet of Things, mampu mengatur suasana rumah sesuai dengan kondisi orangnya," papar Said Al Faraby dari Kemahasiswaan Fakultas Informatika.

Sajian solusi inovatif yang telah mereka lakukan, seperti dilansir situs resmi pengembang IBM, bahwa di samping mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil karyanya di IBM booth, mereka juga mendapatkan kesempatan besar untuk bertemu langsung dengan para investor di sana.

4yfn.com

Sehingga, kesempatan emas pun menghampiri mereka di mana kedua Tim Tel-U berhasil meraih simpatik dari Vodafone sebagai investor mereka saat ini Dody Qori selaku dosen Fakultas Informatika sekaligus pembina kedua tim mengaku sangat bersyukur karena jalan panjang mendekati kenyataan.

"Insya Allah, Vodafone akan membantu mewujudkan sebagai investor buat kami, semakin dekat ke jalan bahwa brainstat akan menjadi protokol standar keamanan transportasi dan Hoome akan menjadi rumah pintar pertama yang mengerti kita 100%," ujarnya.

Sumber : detik.com

gambar utama : goodnewsfinland.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini