Lupa Sandi?

Dibangun Sejak 2012, Jembatan Terpanjang di Kalimantan ini bisa Tahan Hingga 100 Tahun

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Dibangun Sejak 2012, Jembatan Terpanjang di Kalimantan ini bisa Tahan Hingga 100 Tahun
Dibangun Sejak 2012, Jembatan Terpanjang di Kalimantan ini bisa Tahan Hingga 100 Tahun

Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, telah selesai dibangun. Uji coba jembatan untuk dilewati kendaraan sudah berlangsung sejak 19 Februari 2016.

"Jembatan Tayan sudah selesai, malah sudah uji coba traffic sekarang. Sudah dari tanggal 19 (Februari) kita buka untuk kendaraan lewat," ujar Kepala Pelaksana Satuan Kerja Jembatan Kapuas Tayan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yudha Hadita. 

Total panjang jembatan ditambah jalan akses mencapai 5,3 kilometer (km). Sedangkan panjang jembatan mencapai 1,42 km dan terdiri dari 2 bagian jembatan.

Jembatan Tayan. Dok. Kementerian PUPR
Jembatan Tayan. Dok. Kementerian PUPR



Bagian pertama sepanjang 280 meter dengan lebar 11,5 meter, dan bagian kedua sepanjang 1,14 km dengan lebar 11,5 meter. Jembatan ini menjadi yang terpanjang di Kalimantan.

"Dibilang terpanjang iya dari segi bangunannya. Artinya, bagian jembatan yang melayang memang yang terpanjang," kata Yudha.

Jembatan Kapuas Tayan yang mulai dibangun sejak 2012 ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah melalui Desa Tayan dan Desa Piasak, di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Selain itu, jembatan ini sangat penting karena menghubungkan jalan trans selatan Kalimantan yang belum tersambung.

Baca Juga
Kapuas Tayan di Kalbar | foto Detik.com
Kapuas Tayan di Kalbar | foto Detik.com



Jembatan ini digarap oleh 2 kontraktor yaitu China Road and Bridge Corporation dengan PT Wijaya Karya Tbk. Proses pembangunan berjalan sejak September 2012 dengan total biaya mencapai Rp 1,023 triliun. Yudha menambahkan, konstruksi Jembatan Kapuas Tayan selalu dievaluasi setiap 2 minggu.

Dalam uji beban yang melibatkan delapan truk dengan kapasitas masing-masing 25 ton beberapa waktu lalu, kekuatan jembatan ini menunjukkan hasil yang baik. Saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari Kementerian Pekerjaan Umum berkenaan dengan hal tersebut. Estimasi umur jembatan bisa sampai 100 tahun.

Sumber: Detik.com | Wikipedia.com | Jembatantayan.blogspot.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie