Kekayaan Gas Alam Indonesia Kalahkan Qatar

Kekayaan Gas Alam Indonesia Kalahkan Qatar
info gambar utama

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengklaim Indonesia bisa mengalahkan Qatar di sektor gas jika kekayaan alam itu dikelola dengan baik.

"Kalau dikelola dengan baik, kekayaan alam ini bisa sangat besar, bisa kalahkan Qatar," katanya seusai pertemuan dengan sejumlah tokoh Maluku di Kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Qatar salah satu negara Arab yang memiliki cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia. Negara itu hidup dengan memanfaatkan potensi gas alam. "Qatar itu hidup dari gas, pekerja teknisnya dari Indonesia banyak sekali," katanya.

Potensi gas alam yang luar biasa besar, lanjut Ramli, juga ditemukan di Indonesia termasuk di Masela, Maluku serta di perbatasan Indonesia dengan negara Timor Timur. Namun, ia mengaku tidak ingin gas dari Lapangan Abadi di Blok Masela yang cadangannya mencapai 10,73 triliun kaki kubik (TCF) itu hanya kemudian diambil dan diekspor ke negara lain.

"Kami tidak ingin Maluku gasnya diambil, diekspor, tapi Maluku tidak dapat apa-apa lagi," katanya.

sumber gambar: inilah.com

Oleh karena itu, Ramli ingin ada perubahan pandangan dari para pemangku kepentingan untuk pengelolaan sumber daya alam yang lebih berpihak pada rakyat.

Ia ingin rakyat dan masyarakat di sekitar kawasan lapangan gas bisa menarik manfaat sebesar-besarnya.

Selain bisa memberi manfaat untuk rakyat, potensi gas alam Indonesia juga bisa mendorong hilirisasi guna memberikan nilai tambah. Dengan demikian, sektor perdagangan, pendapatan negara dan kesejahteraan rakyat bisa terus ditingkatkan.

"Syukur, Pak Jokowi sangat tegas soal ini. Beliau berharap kita memiliki paradigma baru dalam pengelolaan sumber daya alam. Kami prihatin dalam suasana seperti masih ada pejabat yang berpikir dengan paradigma lama, tidak peduli rakyatnya dapat apa," ujarnya.

Sumber : ANTARA, SUARA.COM
Sumber Gambar :creative-trader.com, inilah.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MM
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini