Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara

Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara
info gambar utama

Etnis Tionghoa telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, beragam budayanya juga telah banyak memadu menyatu dengan budaya lokal Nusantara.

Di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, di kota ini di setiap sudutnya selalu ada saja bangunan yang menjadi tempat ibadah penganut Kong Hu Cu ini, selain itu banyak pula ditemukan makam-makam orang Tionghoa yang tersebar di berbagai tempat, salah satu yang terkenal dan paling luas adalah Pemakaman Sentosa.

Pekuburan yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Pangkalpinang, ini menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Tidak ada kesan menyeramkan dan mistis saat berkunjung ke sini. Penataan yang rapi membuat kesan menakutkan hilang saat berada di kawasan pekuburan.

Memiliki luas mencapai 27 hektare, Pekuburan Sentosa menjadi pekuburan tionghoa terluas di indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Setiap tahunnya di pemakaman yang didirikan pada tahun 1935 M ini diadakan tradisi Sembahyang kubur atau Ceng Beng atau Qing Ming. Seluruh keluarga yang ada di perantauan biasanya kembali ke Pulau Bangka untuk menunaikan ibadah sembahyang sekaligus memberikan penghormatan terhadap leluhur mereka yang sudah terlebih dahulu berpulang.

So, jangan heran jika pada minggu-minggu menjelang sembahyang ini, harga tiket pesawat tujuan Pulau Bangka sangat mahal harganya. Puncak pelaksanaan Ceng Beng sendiri dilaksanakan tiap tanggal 5 April.

Makam yang ada di Pemakaman Sentosa sangat banyak sekali. Dalam buku "Pangkalpinang Kota Pangkal Kemenangan ditulis perihal makam tertua, yakni makam keluarga Boen Piet Liem. Namun, tidak jelas siapa nama orang yang dimakamkan. Makam ini dipugar pada tahun keempat setelah pemerintahan Sun Yat Sen (memerintah tahun 1911), sekitar tahun 1915.

Pekuburan Sentosa, suryaonline.co
info gambar

Tak hanya memiliki kuburan yang usianya hampir seratus tahun, pekuburan ini juga menyediakan kuburan dengan harga yang fantastis. Ada lahan pekuburan yang dihargakan ratusan juga hingga miliaran. Menurut data yang dimiliki Yayasan Sentosa, pengelola Pekuburan Sentosa, jumlah kuburan yang ada di sini hampir mencapai 11.478.

Pekuburan ini tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Tionghoa, masyarakat Katolik dan Islam pun banyak yang dimakamkan di tempat ini.

Bagi penyuka fotografi, berwisata dan melakukan pemotretan di kawasan pekuburan tentu akan memberikan kesan tersendiri, apalagi jika saat pengambilan foto ditemani dengan seorang model yang memakai busana cheonsam (busana tradisional Cina).

Nah, bagaimana tertarik untuk mencobanya ?

Source : https://travel.detik.com, indonesiakaya.com
Foto utama : https://bhq.web.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
RG
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini