Lupa Sandi?

5 Perempuan Indonesia yang Menginspirasi dan Mendunia

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
5 Perempuan Indonesia yang Menginspirasi dan Mendunia

Mungkin kita masih ingat, dahulu perempuan selalu dikaitkan dengan "guyonan" 3M (Macak, Masak, dan Manak). Kini setelah memasuki jaman emansipasi yang ditandai dengan lahirnya sosok Kartini, kaum perempuan secara pasti berubah dan memiliki peluang besar untuk mengembangkan dirinya.

Sederet prestasi dan karir yang menjulang hingga ke kancah Internasional menjadi bukti eksistensi dan peran perempuan Indonesia hari ini serta melahirkan 3M baru (Maju, Memimpin dan Mendunia).

Berikut 5 Perempuan Indonesia yang menginspirasi dan mendunia.

Sely Martini, one.org
(Sely Martini, one.org)

1.Sely Martini (Pejuang Anti Korupsi)

Perempuan ini merupakan salah satu tokoh pejuang anti korupsi Indonesia dari badan Indonesia Corruption Watch (ICW). Sely menjadi pemenang "International Honesty Award" 2014 untuk kategori “Best Activist in a Leading Role”. Penghargaan ini ditujukan kepada para pekerja dan penggiat yang dianggap kreatif dalam organisasi dan lembaga yang melawan korupsi.

(Evvy Kartini, tempo.co)
(Evvy Kartini, tempo.co)

2.Evvy Kartini (Ahli Nuklir Internasional)

Di Indonesia, teknologi tenaga nuklir masih menjadi hal yang asing. Namun kita harus berbangga, sebab Indonesia justru memiliki seorang ahli yang prestasinya telah diakui dunia. Doktor rer. Nat. (rerum naturalium) Evvy Kartini adalah salah satu dari “hanya” sepuluh ahli nuklir yang ada di dunia. Di kalangan internasional, Evvy memiliki reputasi terhormat, ia dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas.

(Tri Mumpuni dalam BSR Conference, youtube.com)
(Tri Mumpuni dalam BSR Conference, youtube.com)

3.Tri Mumpuni Iskandar (Pelopor Listrik Mikrohidro)

Dia adalah Direktur Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (Ibeka). Kawan-kawannya menjuluki “Tri Si Penerang Desa”. Lewat berbagai lembaga nirlaba, Tri mempelopori pembangunan pembangkit listrik mini di pedesaan, bersama suaminya, Iskandar Kuntoadji dia mempelopori pembangunan pembangkit listrik mikrohidro dengan memanfaatkan tenaga air terjun mini di sejumlah tempat di Indonesia.

Berkat upayanya, Tri mendapat beberapa penghargaan dari pemerintah dan lembaga internasional, seperti Climate Hero dari World Wildlife Fund for Nature (2005), Fellow Ashoka (2006), tokoh Pengembangan Energi Terbarukan dan Penghematan Energi (2007), dan Pendekar Lingkungan Hidup RI (2008). Tri sendiri pernah terpilih sebagai Tokoh Majalah Tempo 2006, Tokoh Perubahan 2009 Harian Republika, 1 Among 99 Most Powerful Woman in Asia dari Globe Asia Magazine.

(Desi Anwar, kapanlagi.com)
(Desi Anwar, kapanlagi.com)

4.Desi Anwar (News Anchor kelas Dunia)

Cerdas, independen, dan mandiri merupakan tiga karakter yang dapat mewakili Desi Anwar, perempuan yang dikenal sebagai jurnalis dan pembawa berita di Indonesia ini memulai karirnya di salah satu TV Nasional, hingga kini memiliki acara sendiri di salah satu TV Swasta.

Melalui acaranya, Desi Anwar banyak menginspirasi orang-orang di Indonesia untuk terus menjadi orang-orang yang haus akan informasi.

News anchor lulusan Universitas London ini, dikenal dapat berbicara dalam 3 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Inggris dan Perancis. Dengan kredibilitasnya yang sangat baik, Desi Anwar sempat beberapa kali memenangkan penghargaan dan juga mewawancarai tokoh-tokoh hebat seperti Dalai Lama, Bill Gates, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Polandia Lech Walesa, Pemain bola Zinedine Zidane dan berabagai tokoh isnpiratif lainnya.

(Sri Mulyani, flickr.com)
(Sri Mulyani, flickr.com)

5.Sri Mulyani (Direktur Bank Dunia)

Siapa yang tak kenal perempuan satu ini, mantan Menteri yang menjabat di era Presiden SBY kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, saat ini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani juga pernah menerima penghargaan Madhuri and Jagdish N. Sheth International Alumni Award dari University of Illinois in Urbana-Champaign (UIUC). Ia menerima penghargaan tersebut dalam kategori Exceptional Achievement atas prestasi menonjolnya di tingkat nasional dan internasional.

Itulah tadi sederet perempuan Indonesia yang menginspirasi dan mendunia.

Selamat Hari Perempuan Internasional, maju terus perempuan Indonesia !

Source : Diolah dari berbagai sumber

Label:
perempuan
Pilih BanggaBangga79%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang5%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi16%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

7 Selebriti Internasional Keturunan Indonesia

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

Inilah 7 Cara ASEAN Tahan Hadapi Bencana

Good News From Indonesia2 minggu yang lalu

7 Film Indonesia di Ajang Oscar

Good News From Indonesia3 minggu yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie