Branding Wonderful Indonesia Menangkan Penghargaan di Perancis

Branding Wonderful Indonesia Menangkan Penghargaan di Perancis
info gambar utama

Branding pariwisata Wonderful Indonesia sukses meraih pernghargaan "Pays d'Honneur" dalam pameran pariwisata Salon du Tourisme de Nantes di Kota Nantes, 26-28 Februari 2016.

"Kami terpilih jadi negara tamu dengan branding Wonderful Indonesia paling komprehensif. Jadi Pays d'Honneur di International du Tourisme de Nantes pun memberikan special award kepada negara dengan taktik berpromosi terbaik yang menancapkan branding di seluruh pusat keramaian di Kota Nantes, Prancis Barat," kata Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Nia Niscaya, di Jakarta, Kamis.

Menurut Nia, pengunjung yang mampir ke Paviliun Wonderful Indonesia berjumlah sekira 40.000 orang, mereka sangat antusias dan ingin tahu soal pariwisata Indonesia. Dari pantauan, terlihat bahwa pengunjung yang mampir sebagian besar adalah keluarga, pasangan, usia pensiun dan mahasiswa pendidikan pariwisata.

"Pengunjung yang datang umumnya mencari informasi mengenai Indonesia dengan touchscreen interaktif yang menjelaskan berbagai destinasi unggulan. Ada juga pengunjung yang berfoto di photobooth corner dengan pilihan 12 pemandangan alam Indonesia. Di paviliun, pengunjung sekaligus dapat menikmati kesenian Indonesia yang ditampilkan melalui tarian dan berbagai daerah," jelas Nia.

Paviliun Indonesia juga menggelar acara Indonesian Night yang dihadiri Duta Besar RI untuk Perancis, Dr. Hotmangaradja Pandjaitan. Seluruh tamu yang hadir bisa menikmati kuliner khas Indonesia dan tarian tradisional dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat.

"Seluruh tamu yang hadir bisa menikmati kuliner khas Indonesia dan tarian tradisional dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat," katanya.

Pada pameran yang sudah memasuki musim ke-17 tersebut, Kemenpar juga membawa perwakilan dari industri pariwisata seperti Garuda Holiday France, Azimuth Travel, Kampoeng Kita, Melati Putih Hijau, Eka Voyages dan Don Biyu Munduk.

Daya tarik lainnya, peserta pameran juga berkesempatan memenangkan dua paket perjalanan ke Indonesia dengan mengikuti penarikan undian berhadiah yang disponsori Kementerian Pariwisata.

Selain itu KBRI Prancis dan Garuda Indonesia Holiday France dan Qatar Airways mengadakan undian berhadiah paket perjalanan ke Indonesia untuk dua orang.

Pada 2015 lalu, jumlah wisatawan Perancis yang berkunjung ke Indonesia mencapai 200.000 wisatawan. Jumlah kunjungan tersebut diyakini bisa melonjak hingga 250.000 orang seiring dengan gencarnya promosi yang dilakukan di Perancis.

Setidaknya ada 10 destinasi prioritas di Indonesia yang dipromosikan ke masyarakat Nantes, Perancis, yaitu Bali, Jakarta, Batam, Medan, Makassar, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bunaken-Wakatobi-Raja Ampat, Lombok, Bandung, Banyuwangi.

Kota Nantes sendiri, menurut statistik nasional Perancis INSEE, merupakan penduduk di pantai barat (provinsi Bretagne dengan ibu kota Rennes dan Pays de la Loire dengan ibu kota Nantes) termasuk provinsi dengan pendapatan per kapita tertinggi di Perancis.

“Penduduknya selalu meluangkan waktu untuk kegiatan liburan atau wisata keluar negeri,”ungkap Nia.

Oleh karena itu, pihaknya kemudian menyadari potensi besar tersebut sehingga menggandeng Kedutaan Besar RI untuk Prancis untuk turut serta terlibat dalam promosi Wonderful Indonesia.

Sumber: www.antaranews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini