Taman Digital Baru, di Mukomuko

Taman Digital Baru, di Mukomuko
info gambar utama

Menyediakan ruang terbuka taman untuk masyarakat, tampaknya menjadi sesuatu yang populer saat ini bagi para pemimpin daerah. Selain bermanfaat untuk memberikan tempat rekreasi gratis, taman juga dapat menjadi lokasi bertemunya masyarakat. Sebagai pelengkap, taman tersebut juga bisa dilengkapi dengan koneksi internet agar menjadi taman digital. Terkait upaya tersebut, kabar gembira datang dari Kabupaten Bengkulu yang tidak lama lagi memiliki taman digital.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggandeng PT Telkom Indonesia untuk merealisasikan niat untuk membuat taman digital tersebut.

"Di taman dalam Kecamatan Kota Mukomuko yang banyak disebut warga taman hantu karena gelap, mulai hari ini dibuat taman digital. Jadi warga di taman itu bisa mengakses internet secara gratis," kata Penjabat Bupati Mukomuko, Tarmizi seperti dikutip dari Antara.

Dirinya mengatakan, pihak pemkab menggandeng Telkom Indonesia sebagai penyedia infrastruktur koneksi. Telkom nantinya bertanggung jawab membuat jaringan internet dalam lokasi taman di beberapa Kecamatan di Mukomuko ini. Akses internet yang disiapkan di taman tersebut nantinya akan bebas diakses oleh masyarakat.

Tarmizi memperkirakan, jangkauan koneksi tersebut sejauh 70 meter. Jadi seluruh rumah warga yang berada dekat dengan taman ini juga bisa mengakses internet ini selama 24 jam.


"Termasuk pegawai negeri sipil (PNS) di Kantor Kecamatan Kota Mukomuko bisa mengakses internet ini," ujarnya.

Meski fasilitas ini bebas untuk digunakan, dirinya mewanti-wanti bahwa setiap pegawai pemerintahan tetap harus bekerja dengan giat. Tarmizi juga memerintahkan camat untuk menjaga fasilitas modem milik PT Telkom tersebut. Jangan sampai mentang-mentang koneksi tersebut fasilitas pemerintah, maka dibiarkan begitu saja.

Lebih lanjut, Tarmizi berharap taman digital ini dapat memberikan manfaat bagi warga terutama pelajar dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dengan mendapatkan informasi melalui media internet.

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar :

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini