Pulau Bidadari pulau resort yang terdekat dari Jakarta, sekitar 30 menit dari Marina Ancol jakarta dengan menggunakan kapal speedboat. Akomodasi cottage dibangun di darat dan di atas laut. Pulau Bidadari terdapat sejarah peninggalan penjajahan Belanda diantaranya berupa Benteng Martello.

Pulau bidadari, memiliki sejarah waktu penjajahan jaman belanda, di pulau tersebut terdapat peninggalan sebuah benteng, nama benteng tersebut Menara Martello yang di bangun sekitar abad XIX, benteng tersebut di bangun untuk mengawasi dan melindingi pulau onrust, karena antara tahun 1800-1810, penyerangan inggris terhadap pulau onrust yang mengakibat benteng di pulau bidadari hancur. Di Pulau ini terdapat peninggalan Portugis, yaitu sebuah benteng yang terbuat pada abad ke 17. Pulau ini, pada zaman Belanda, dijadikan sebagai pulau karantina. Dan ada juga andong dan bom meriam peninggalan jaman belanda yang di tinggalkan di pulau bidadari.

Benteng Mortello
Benteng Mortello

Pulau Bidadari berdekatan dengan beberapa pulau lain seperti Pulau Onrust, Pulau Kahyangan dan Pulau Kelor. Pulau yang berdekatan ini adalah pulau cagar budaya dan memiliki sejarah warisan penjajah Belanda. wisatawan dapat mengelilingi 3 Pulau tersebut dengan kapal Pulau Bidadari.Di pulau bidadari wisatawan dapat melihat sejarah peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Pulau Bidaari memang sudah dicanangkan menjadi salah satu cagar budaya oleh pemerintah DKI Jakarta.

Sumber : kepulauan-seribu.com
Sumber Gambar :Wijayatama Wisata

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu